ASII Tebar Dividen Tunai Rp4,61 Triliun atau Setara Rp114 Per Saham

Thursday 22 Apr 2021, 10 : 16 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Astra International Tbk (ASII) menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp4,61 triliun atau setara dengan Rp114 per saham.

Menurut Presiden Direktur ASII, Djony Bunarto Tjondro, RUPST ASII di Jakarta, Kamis (22/4) menyetujui laba bersih (konsolidasian) perseroan untuk Tahun Buku 2020 yang sebesar Rp16,16 triliun ditetapkan sebagai dividen senilai Rp4,6 triliun.

Pembagian dividen sebesar Rp114 per saham tersebut sudah termasuk dividen interim senilai Rp27 per saham atau setara dengan Rp1,09 triliun yang telah dibayarkan pada 27 Oktober 2020, sehingga sisanya sebesar Rp87 per saham atau sebesar Rp3,5 triliun akan dibayarkan pada 25 Mei 2021.

RUPST memberikan wewenang kepada direksi ASII untuk melaksanakan pembagian dividen tersebut dan untuk melakukan semua tindakan yang diperlukan.

Pembayaran dividen akan dilakukan dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan pajak, Bursa Efek Indonesia (BEI) dan ketentuan pasar modal.

Sementara itu, sebesar Rp11,55 triliun dari laba bersih Tahun Buku 2020 akan ditempatkan sebagai laba ditahan.

Sebagaimana diketahui, pada tahun lalu ASII mengalami penurunan laba bersih menjadi Rp16,16 triliun dari Rp21,71 triliun di 2019.

“Walaupun kinerja usaha grup Astra perlahan membaik pada beberapa bulan terakhir, prospek kinerja tahun ini masih dibayangi oleh ketidakpastian akibat dampak dari pandemi yang masih berlanjut,” papar Djony.

Pada rapat hari ini, para pemegang saham juga menyetujui pengunduran diri Mark Spencer Greenberg selaku komisaris, sehingga susunan Dewan Komisaris ASII adalah sebagai berikut:

Presiden Komisaris: Prijono Sugiarto

Komisaris Independen: Sri Indrastuti Hadiputranto

Komisaris Independen: Rahmat Waluyanto

Komisaris Independen: Apinont Suchewaboripont

Komisaris: Anthony John Liddell Nightingale

Komisaris: Benjamin William Keswick Komisaris: John Raymond Witt

Komisaris: Stephen Patrick Gore

Komisaris: Benjamin Birks

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kredit Bank Mandiri Hanya Tumbuh 27 Persen

JAKARTA-Pertumbuhan kredit Bank Mandiri perlambatan dibanding kuartal pertama tahun lalu

Pembibitan 250 Varietas Anggur Mancanegara di Lereng Merapi

YOGYAKARTA-Tatar Fatoni seorang pemuda dari lereng Gunung Merapi telah berhasil