Bank Asing Tak Mudah “Adopsi” Izin Berlapis

Friday 28 Sep 2012, 2 : 41 am
by
Ketua Perbanas, Sigit Pramono

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia, Mulya Siregar mengatakan bahwa Bank Indonesia saat ini sedang mengkaji berapa lama waktu transisi yang dibutuhkan bank.

Aturan izin berlapis dalam keterangan Mulya akan membagi tingkat pelayanan dan modal dalam empat strata.

Sebuah bank dengan tingkat pelayanan yang berada pada strata IV harus mempuyai modal dengan strata yang sama.

Mulya menjelaskan bahwa jika sebuah bank mempunyai tingkat layanan dengan strata III namun dari segi modal hanya berada pada level I, maka bank tersebut akan diberi pilihan untuk meningkatkan modal atau memangkas layanan.

“Jika strata layanan dan modal berbeda, maka bank tersebut akan diberi pilihan apakah menambah modal atau hanya melakukan kegiatan sesuai dengan kecukupan modalnya,” jelasnya.

Sementara itu Citibank Indonesia sebagai salah satu bank asing menyambut baik rencana Bank Indonesia menerbitkan aturan izin berlapis bagi bank untuk mendorong perkembangan industri perbankan di Tanah Air.

“Saya rasa itu bagus dan saya melihat pelaku industri pun terbuka dengan aturan yang idenya untuk mendorong pertumbuhan industri perbankan itu,” kata Chief Country Officer Citibank Indonesia, Tigor M Siahaan.

Menurut Tigor pemberlakuan regulasi yang didasari oleh besaran modal itu tidak akan memberatkan Citibank karena rasio kecukupan modal yang dimiliki Citibank saat ini merupakan salah satu yang tertinggi di industri yaitu sebesar 24 persen.

Dengan penerapan aturan izin berlapis itu, kata Tigor, justru pertumbuhan industri perbankan di Indonesia akan lebih stabil karena bank lebih fokus terhadap bisnis usaha yang digarapnya.

Don't Miss

Menperin Resmikan Ground Breaking Kawasan Terpadu Mayfair Estate & Parklands

BEKASI-Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meresmikan peletakan batu pertama (ground
SL Pogen merupakan perusahaan joint venture antara Genexine lnc dan POSTECH Holdings Co Ltd yang didirikan berdasarkan hukum Republik Korea pada 15 Desember 2016.

Per Kuartal III-2021, Laba Bersih KLBF Naik 12,8% Jadi Rp2,29 Triliun

JAKARTA-PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) selama sembilan bulan pertama tahun