Bank Maluku Malut, Tambahan Baru Calon Anggota KUB Bank BJB

Friday 6 Oct 2023, 3 : 53 pm
Bank Maluku Malut

JAKARTA-Kelompok Usaha Bank (KUB) Bank BJB kembali mendapatkan peminat baru untuk menjadi tambahan anggota KUB, yaitu PT Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara (Bank Maluku Malut).

Setelah Bank Bengkulu dan Bank Sultra, paling anyar, Bank BJB melakukan penandatangan Nota Kesepahaman mengenai sinergi bisnis dengan Bank Maluku Malut, bertempat di Gedung Kantor Bank BJB di Jakarta, Rabu (4/10).

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Bank BJB, YuddY.

Renaldi dengan Direktur Utama Bank Maluku Malut, Syahrisal Imbar, yang juga disaksikan oleh Nia Kania selaku Direktur Keuangan Bank BJB dan H. Nadjib Bachmid selaku Komisaris Utama Bank Maluku Malut.

Kerjasama Sinergi Bisnis tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan struktur Kelompok Usaha Bank (KUB) Bank BJB bersama Bank Maluku Malut.

“Skema KUB tersebut, akan diawali dengan pelaksanaan setoran modal Bank BJB kepada Bank Maluku Malut sehingga Bank BJB akan menjadi salah satu pemegang saham yang memiliki hak Suara,” kata Yuddy, dalam siaran pers, Jumat (6/10).

Kemudian, bersamaan dengan permohonan pengefektifan setoran modal tersebut, juga diajukan permohonan kepada OJK agar Bank BJB ditetapkan menjadi salah satu Pemegang Saham Pengendali bank Maluku Malut, bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku yang juga tetap menjadi Pemegang Saham Pengendali.

Untuk nominal penyertaan modalnya sendiri akan dilakukan proses kajian terlebih dahulu termasuk pelaksanaan due diligence sehingga didapatkan harga pelaksanaan yang wajar.

Apabila seluruh proses tersebut disetujui oleh OJK, Bank BJB akan menjadi induk usaha Bank Maluku Malut dengan konsep Pengendalian Bersama dengan Pemprov Maluku, yang dapat mendorong akselerasi peningkatan kinerja bisnis melalui berbagai program sinergi.

Dengan karakteristik bisnismodel, ekosistem dan stakeholders yang serupa, sinergi sebagai sesama BPD lebih mudah untuk diimplementasikan tanpa menghilangkan ciri khas kedaerahan masing-masing BPD.

Proses sinergi tersebut pun dapat dilakukan secara paralel dengan proses pelaksanaan KUB tersebut.

Sebagai anggota KUB Bank BJB, Bank Maluku Malut atau anggota KUB lainnya pun akan memperoleh akses atas pengembangan infrastruktur yang telah dilakukan oleh Bank BJB, baik infrastruktur IT ataupun corporate knowledge sehingga tidak perlu mengeluarkan lagi capital expense (capex) yang besar dan memakan waktu yang lama.

Yuddy memberikan contoh pada proses KUB yang sudah berjalan dengan Bank Bengkulu, walaupun saat ini masih berproses pengajuan izin kepada OJK yang merupakan tahap akhir sebelum persetujuan KUB menjadi efektif, tapi sinergi bisnis sudah dilakukan sejak awal.

Kerjasama yang sudah rampung antara lain BI Fast, layanan Laku Pandai, e-tax, digitalisasi dan pembiayaan sindikasi, yang memberikan dampak positif terhadap kinerja dan layanan dari Bank Bengkulu.

Saat ini masih berjalan program sinergi lainnya yang akan semakin terakselerasi begitu Bank BJB efektif sebagai induk usaha dari Bank Bengkulu.

Menurut Yuddy, kolaborasi adalah hal paling penting yang harus dilakukan BPD dalam melakukan inovasi dan transformasi agar bisa tetap relevan di industri perbankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengawas UNBK Sita Ratusan Hp Pelajar SMAN 6 Tangsel

TANGERANG-Ratusan handphone pelajar SMAN 6 Tangerang Selatan (Tangsel), disita pengawas

Investor Asing Mencatatkan Beli Bersih Senilai Rp3,87 Triliun

JAKARTA-Investor asing masih mencatatkan beli bersih di sepanjang 2015. Pada