Bappebti Ungkap Strategi Perkuat Pengembangan Sektor Perdagangan Berjangka Komoditi

Monday 22 May 2023, 11 : 00 am
by
Ilustrasi

JAKARTA-Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)Kementerian Perdagangan (Kemenperin) berkomitmen memperkuat pengembangan perdagangan berjangka komoditi (PBK) di Indonesia.

Selain itu, Bappebti akan terus mendiseminasikan berbagai kebijakan dan perkembangan kepada para pemangku kepentingan agar kebijakan-kebijakan tersebut dapat segera dimanfaatkan.

Hal ini disampaikan Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko dalam konferensi pers perkembangan isu terkini seputar PBK di Jakarta, Jumat (19/5).

”Bappebti perlu mengedukasi dan memberikan pemahaman yang benar terkait berbagai isu terkini di bidang PBK, baik kepada pelaku usaha, asosiasi, dan masyarakat umum. Hal ini untuk menciptakan ekosistem yang nyaman dan terpercaya di bidang PBK,” tegas Didid.

Dalam kesempatan ini, Didid memberikan informasi perkembangan terkini di bidang PBK.

Di antaranya kebijakan ekspor CPO melalui bursa berjangka di Indonesia, Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tindak lanjut UU No. 4/2023, Expert Advisor (EA) untuk penanggulangan kasus robot trading, penguatan Sistem Resi Gudang (SRG), dan tindak lanjut Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) Ombudsman RI.

Kebijakan Ekspor CPO Melalui Bursa Berjangka di Indonesia

Didid menjelaskan kebijakan ekspor CPO melalui bursa berjangka merupakan terobosan atau inovasi Kementerian Perdagangan dalam meningkatkan kinerja ekspor CPO dan pendapatan negara melalui pajak ekspor.

Hal ini juga sejalan dengan mandat UU No. 32/1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi sebagaimana telah diubah dengan UU No. 10/2011.

“Kebijakan yang diatur adalah ekspor untuk CPO HS 15111000. Nantinya kebijakan tersebut dilaksanakan melalui Bursa Berjangka di Indonesia yang ditunjuk oleh Bappebti. Selain Permendag tentang ekspor, kami juga tengah merancang Peraturan Bappebti serta Peraturan dan Tata Tertib (PTT) Bursa Berjangka,” terang Didid.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

SBY Tak Diundang, Antasari Minta Jangan Jadi Polemik

TANGERANG-Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar menggelar syukuran

RM Marrel Suryokusumo Berharap Indonesia ke Depan Lebih Peduli Lingkungan

SLEMAN-Pegiat lingkungan RM Gustilantika Marrel Suryokusumo berharap Indonesia kedepan memiliki