Baru 5.300 Warga Terdampak Covid-19 di Tangsel Dapat Bansos

Sunday 3 May 2020, 4 : 05 am
by
ilustrasi

TANGERANG-Hingga perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Bantuan Sosial (Bansos) bagi warga terdampak covid-19 di Tangerang Selatan, baru diserahkan kepada 5.300 warga terdampak.

Adapun bantuan tersebut, berupa paket sembako, yang bersumber dari sumbangan Corporate Social Responsibility (CSR), dari berbagai institusi dan perusahaan yang diterima Pemerintah Kota Tangsel.

Kepala Dinas Sosial Wahyunoto Lukman mengklaim, sampai Kamis (30/4/2020) kemarin, bantuan paket sembako itu disalurkan kepada 5.300 warga terdampak covid-19 melalui Baznas. 

“Kami bekerjasama dengan Baznas menyalurkan paket sembako melalui kecamatan. Sambil menunggu penyaluran Bansos dari Kemensos dan Provinsi Banten,” ungkap Kepala Dinas sosial Kota Tangsel, Wahyunoto Lukman Sabtu (2/5/2020).

Dia mengaku, terhambatnya bansos dari anggaran Kemensos dan Provinsi Banten, karena persoalan data calon penerima.

Menurut dia, saat ini rencana bansos yang akan diberikan dari Pemerintah Provinsi Banten, masih dalam proses. 

Nantinya, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Provinsi Banten, akan disalurkan melalui Bank Jabar Banten (BJB) syariah. Dengan nominal bantuan Rp600 ribu per bulan, per KPM.

“Bansos Provinsi ini, pengambilannya dapat dilakukan baik dikantor Cabang Bank Jabar Banten Syariah maupun di unit kas keliling yang ditempatkan di kantor kelurahan tempat penerima Bansos terdaftar,” jelas dia.

Sementara rencana Bansos yang disalurkan melalui anggaran Kemensos, dipastikan baru akan turun ke masyarakat Tangsel, pada Senin 4 Mei 2020.

“Untuk warga yang terdampak covid-19, yang diusulkan oleh RT/RW ,Lurah dan Camat baru akan didistribusikan mulai Senin 4 Mei besok, Bansos ini langsung dikirim ke alamat rumah masing-masing penerima oleh jasa pengiriman paket,” jelasnya

Wahyu menerangkan, selain paket sembako bantuan CSR yang telah didistribusikan dan akan disalurkan oleh Kelurahan masing-masing. Ada juga paket bahan pangan berupa beras, sebagai lumbung pangan yang dititipkan di kelurahan se kota Tangsel, 

“Kami telah titipkan beras lumbung pangan, untuk menjamin ketersedian bahan makanan yang serta merta dapat diberikan kepada warga yang membutuhkan. Semoga ini dapat meringankan beban warga yang terdampak wabah covid-19,” jelas dia.

Sebelumnya, ART di Tangerang Selatan, mengaku sangat berharap bantuan pemerintah, lantaran dirinya tak lagi bisa bekerja karena kebijakan PSBB. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PUPR Hentikan Sementara Pengecoran Top Slab Box Tol Desari

JAKARTA–Gara-gara ambruknya pengecoran Top Slab Box Trafic Ramp Tol Depok–Antasari

Desember 2023, Neraca Perdagangan Surplus US$3,31 Miliar

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus