BBVet Wates Butuh Miliaran Rupiah Guna Beli Alat Pendeteksi Penyakit Hewan

Monday 22 May 2023, 3 : 32 pm
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin di Yogyakarta/Foto: Dok DPR
Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin di Yogyakarta/Foto: Dok DPR

YOGYAKARTA-Kalangan DPR menyoroti pentingnya kesehatan hewan ternak yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal dan aman untuk dikonsumsi.

Adapun kunjung ke Balai Besar Veteriner di Wates untuk melihat langsung situasi lapangan.

“Kita lihat tadi terdapat keluhan dari para peternak di balai tersebut yang mengatakan bahwa adanya permasalahan pada peralatan yang sudah berusia cukup tua,” kata Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin di Yogyakarta, Senin (22/5/2023).

Lebih lanjut, Politisi Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) itu pun menjelaskan bahwa peralatan yang dimiliki oleh BBVet Wates sudah ada dari 2015.

Sedangkan menurutnya, saat ini teknologi sudah semakin canggih dan cepat berkembang, dan jika ingin cepat mendeteksi berbagai macam penyakit pada hewan, peralatan harus bersih dan sesuai dengan standar yang ada.

“Pihak BBVet membutuhkan kurang lebih kalau peralatan saja Rp5 Miliar, untuk bangunannya sekitar Rp5 Miliar. Maka tadi saya katakan juga, sebetulnya tidak perlu menggunakan yang baru, tapi bangunan yang lama juga tidak masalah yang penting dapat memenuhi standar untuk kesehatannya,” ucap politisi daerah pemilihan (dapil) Lampung I itu.

Di samping itu, adanya pula komitmen Pemerintah untuk meningkatkan populasi ternak, dengan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan yaitu menjaga kesehatan hewan ternak dari penyakit.

“Karenanya, kunjungan kami (Komisi IV DPR RI) kesini (BBVet Wates) sebagai sarana untuk menjaring aspirasi serta mencari solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi oleh para peternak di Kulon Progo,” pungkas Sudin. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

1 Lagi, Dokter PDP Covid-19 Meninggal Dunia

TANGERANG-Kabar duka kembali menyelimuti keluarga besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kemenperin Terapkan Industri 4.0 di Sektor IKM Gula Palma

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong industri kecil menengah (IKM) untuk menerapkan