Beagle Jogja Optimalkan Potensi UMKM Otomotif Lokal

Sunday 13 Jun 2021, 9 : 57 pm
by
Salah satu pebalap Beagle Jogja Rally Team (BJRT), RM Gustilatika Marrel Suryokusumo - Cucu dari Sri Sultan HB X, dalam sesi tanya jawab dalam peluncuran tim balap BJRT 2021 di Sleman Art Space, Sabtu (12/06/2021).

SLEMAN-Minimnya dana yang dimiliki tidak menyurutkan langkah tim balap Beagle Jogja Rally Team (BJRT) untuk beprestasi.

Buktinya, tim asal kota gudeg ini berhasil menempati posisi 5 pada gelaran Kejurnas Rally 2021 seri pertama yang berlangsung di Tanjung Lesung, Banten, 10-11 Mei yang lalu.

Menurut pegiat otomotif senior Jogjakarta sekaligus pengurus tim BJRT, Bukbis Pancawinarna, pencapaian prestasi membanggakan pada gelaran Kejurnas Rally 2021 seri pertama tersebut tidak lepas dari peran serta seluruh anggota tim seperti pebalap serta bagian teknis yang bekerja di belakang layar.

Ditemui usai acara launching BJRT 2021 di Sleman Space Art, Condongcatur, Sleman, Sabtu (12/06/2021), Bukbis menggarisbawahi peran tim teknis dalam memaksimalkan dana operasional tim yang terbatas.

“Kita tidak dapat mengingkari bahwa olahraga otomotif memerlukan biaya yang sangat besar. Namun, segala keterbatasan tersebut bukanlah alasan bagi kami untuk tidak mempersembahkan yang terbaik baik Jogjakarta,” ujar Bukbis.

Bukbis menjelaskan, tidak semua komponen yang digunakan oleh mobil- mobil balap di timnya berasal dari produsen luar negeri.

“Akan sangat mahal bila seluruh komponen mobil- mobil kami harus menggunakan barang impor atau dari brand ternama,” tambahnya.

Untuk itu, lanjut Bukbis, pihaknya berusaha mengoptimalkan potensi lokal yang ada dengan cara menggandeng berbagai UMKM di Daerah Istimewa Jogjakarta yang bergerak di bidang otomotif.

“Banyak komponen mobil- mobil (tim) Beagle yang diproduksi home industry lokal lho, Mas,” jelas Bukbis bersemangat.

Menurut Bukbis, selain dapat memberdayakan UMKM lokal, hal tersebut juga menjadi penghematan yang cukup besar bagi tim.

“Selisih harganya lumayan besar dibandingkan dengan produk dari brand yang sudah terkenal,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu pebalap tim BJRT, RM Gustilatika Marrel Suryokusumo, Cucu Sri Sultan Hamengkubuwono X, menyatakan bahwa tim yang berdiri sejak 10 Mei 2016 tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan Daerah Istimewa Jogjakarta di kancah nasional khususnya di bidang olahraga otomotif.

“Biar Jogja dikenal juga di bidang olahraga otomotif,” ujar Marrel.

Selanjutnya, cucu Sri Sultan HB X tersebut menambahkan pihaknya beserta seluruh jajaran BJRT akan berusaha memberikan prestasi terbaik bagi Jogjakarta.

“Kami menyadari, sebagai tim balap daerah, banyak sekali keterbatasan dan kendala yang harus kami hadapi dibanding dengan tim- tim lain yang jauh lebih berpengalaman dan memiliki pendanaan kuat. Namun dengan segala keterbatasan tersebut kami berusaha tetap memberikan yang terbaik agar nama Jogja semakin diperhitungkan di kancah otomotoif nasional,” tandas Marrel.

Pada acara peluncuran tersebut, BJRT memperkenalkan 3 pasang pembalap – navigator yang bakal memperkuat Beagle Jogja Rally Team pada gelaran Kejurnas 2021 yakni Anjasara Wahyu – Hongky Regina, Marrel Suryokusumo – Udi Baboe, serta Variando Audion – Emay Achmad yang bakal berlaga di berbagai kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

penjualan eceran

Penjualan Eceran Juni 2019 Menurun

JAKARTA-Penjualan eceran pada Juni 2019 menurun sejalan dengan kembali normalnya

Nasdem Usulkan Sultan Mahmud Riayat Jadi Pahlawan Nasional

JAKARTA-Pahlawan nasional terbuka kemungkinan akan terus bertambagh. Padahal hingga saat