Begini Pujian Pep Guardiola terhadap Xabi Alonso

Tuesday 27 Feb 2024, 8 : 55 am
by
Xabi Alonso

MANCHESTER – Pelatih Manchester City Pep Guardiola memuji setinggi langit pelatih Bayern Leverkusen yang juga mantan anak didiknya di Bayern Munchen, Xabi Alonso.

Pujian itu diberikan Pep Guardiola menanggapi pertanyaan wartawan tentang gosip bahwa Xabi Alonso akan menggantikan Jurgen Klopp sebagai pelatih Liverpool mulai musim panas 2024 nanti.

Wartawan menanyakan hal tersebut dalam jumpa pers menjelang laga putaran kelima Piala FA antara Manchester City melawan Luton Town, Rabu 28 Februari 2024 besok waktu setempat.

Xabi Alonso pernah menjadi anak asuh Pep Guardiola di Bayern Munchen periode 2014-2016 dan kini menjadi pelatih sukses di Bundesliga Jerman bersama Bayern Leverkusen.

Ia ditunjuk melatih klub itu sejak 2022, setelah beberapa musim sebelumnya Xavi Alonso memutuskan gantung sepatu.

Tidak perlu menunggu lama, pada musim 2023-2024 ini, Xabi Alonso membawa timnya memuncaki klasemen sementara Bundesliga Jerman.

Ia mencatatkan rekor fantastis yaitu tidak terkalahkan pada 33 pertandingan sepanjang musim ini.

Prestasi luar biasa ini membuatnya diincar oleh dua mantan klub yang pernah dibelanya yakni Bayern Munchen dan Liverpool.

Tentang rekor Bayern Leverkusen itu, Pep Guardiola menegaskan, “Luar biasa. Satu-satunya tim yang tidak terkalahkan di semua kompetisi musim ini.”

“Mereka (Bayern Leverkusen) bertarung habis-habisan dengan Bayern Munchen,” imbuh mantan pelatih Barcelona tersebut.

“Sekarang mereka berada pada momen sangat kritis dari musim ini,” kata Pep Guardiola lagi.

“Mereka sedang berada pada posisi tidak bisa menjuarai Bundesliga, dan mereka bisa kehilangan gelar juara Bundesliga, bila semua orang berpikir semua sudah selesai.”

“Ini sesuatu yang sangat sulit. Sebab semua belum selesai sampai gelar juara itu benar-benar berada dalam genggaman,” kata Pep Guardiola lagi.

Pep Guardiola kagum karena di tangan Xabi Alonso, Bayern Leverkusen tidak pernah kalah baik di Bundesliga, Pokal atau Piala Jerman, dan Liga Europa.

“Ini sungguh gila. Dia seorang pemain yang sangat cerdas,” puji Pep Guardiola terhadap Xabi Alonso.

Bila Xabi Alonso benar-benar menggantikan posisi Jurgen Klopp di Anfield, maka dia akan menjadi pesaing Pep Guardiola di Premier League. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

CBA: Kasus RJA DPR RI Jangan Hanya Pegawai Sekjend, Tapi Harus Melebar ke Anggota DPR

JAKARTA-Center for Budget Analysis (CBA) meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Singgung BLT Bakal Muncul Jelang Pemilu, Pakar: Upaya Meninabobokan Rakyat Agar Lupa Problem Demokrasi

JAKARTA-Pakar Hukum Tata Negara, Prof. Zainal Arifin Mochtar, mengungkapkan bahwa