BI: Isu Janet Yellen Untungkan Indonesia

Friday 11 Oct 2013, 3 : 31 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat kondisi pasar keuangan Indonesia beberapa hari belakangan ini mulai membaik. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap membaiknya pasar keuangan domestik tidak terlepas dari isu di AS terkait dengan terpilihnya Jenet Yellen sebagai Chairman Federal Reserve yang menggantikan Ben Bernanke.  “Jenet yang dipilih menjadi Gubernur Bank Sentral AS memang diharapkan bisa berhati-hati dalam mengeluarkan kebijakan pengurangan stimulus. Sehingga, dampak negatif ke negara emerging market bisa jauh lebih kecil,” ujar Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, di Jakarta, Jumat (11/10).

Menurut dia, indikator yang menunjukkan adanya perbaikan pasar keuangan Indonesia adalah penurunan tingkat yield Surat Utang Negara (SUN) menjadi 7,9 persen. “Hari ini (yield SUN) sudah 7,9 persen. Itu menunjukkan bahwa pasar keuangan sudah membaik dibandingkan saat yang berat pada Juli lalu,” kata Mirza.

Baca juga :  Unit Usaha Syariah OCBC NISP Membuka Cabang ke-10 di Batam

Sebelumnya, kata Mirza, yield SUN bertenor sepuluh tahun cukup lama bertengger di batas aman sebesar 8 persen. “Pada waktu jelek-jeleknya, yield-nya 8,9 persen untuk yang sepuluh tahun.” imbuhnya.

Faktor eksternal lainnya, ujar Mirza, terkait dengan pernyataan Bernanke yang menegaskan bahwa The Fed tidak menargetkan nominal pengurangan stimulus quantitative easing. “Ia mengabarkan kepada pasar bahwa Federal Reserve akan lebih hati-hati. Itu juga faktor eksternal yang bisa membantu,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pelanggan: Stimulus Keringanan Tagihan Listrik Bantu Kami di Tengah Pandemi

JAKARTA-Untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu dan rentan serta kelompok

Tak Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Surya Paloh Pilih ke Luar Negeri

JAKARTA-Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan ucapan selamat menempuh