BI Konsentrasi Inflasi Jangan Lebihi 7,2%

Friday 5 Jul 2013, 8 : 07 pm

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) tetap berkonsentrasi  menjaga inflasi di level 7,2  % untuk mencegah adanya kenaikan lebih tinggi atas memburuknya perekonomian global. “Kita dari BI terus berkoordinasi juga dengan pemerinah, kita fokus juga mengendalikan inflasi jadi, kami mengharapkan bahwa kedepan ini tentu ditahun 2013 nanti ekonomi akan baik,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardjojo, di Jakarta, Jumat (06/07)

Mantan Menkeu ini mengaku inflasi tetap sekitar 7,2 %. Karena itu BI tetap menjaga agar jangan ada kenaikan bunga bank yang tidak terlampau tinggi.  Saat ini pertumbuhan bunga bank yang secara umum masih tetap sama dengan tahun lalu dan belum menimbulkan kenaikan signifikant  sampai dengan sekarang.

“Kalo di suku bunga bank kita lihat masih secara umum tetap sama, terimakasih kepada bank yang mensupport terus, saya juga senang dengan perkembangan tiga hari terakhir keliatan ada inflow yang baik kita sangat terus monito dan yang paling utama kita fokus kepada inflasi,” ujarnya

Pernyataan ini melawan spekulasi yang berkembang bahwa inflasi dapat menembus diangka 9 %. Sebagaimana yang dikeluarkan World Bank dalam rilisnya beberapa waktu lalu. Perkiraan ini melewati batasan target inflasi BI sebesar 7,2 % sampai dengan akhir tahun.

Sontak dengan proyeksi World Bank diperkirakan bunga deposito menaik dan secata otomatis turut menaikan bunga kredit perbankan. Ditengah kenaikan inflasi dan melambatnya pertumbuhan ekonomi sampai dengan akhir tahun maka laju pertumbuhan kredit perbankan pun diperkirakan akan semakin tergerus pada sepanjang tahun ini. **can

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jokowi Tunjuk Nusron Wahid Jadi Kepala BNP2TKI

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya melantik politisi Partai Golkar, Nusron

Hadir di Haul Pendiri Ponpes Al-Islah di Gresik, Mahfud MD Beri Pesan untuk Santri

GRESIK-Masa depan Indonesia tidak hanya di ada sekolah-sekolah umum, tapi