BI : Pertumbuhan Ekonomi Tangerang Cepat

Tuesday 20 May 2014, 9 : 26 pm

TANGERANG-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Timur Banten, Budiharto Setiawan menuturkan PIHPS merupakan suatu media yang digunakan untuk mengendalikan harga dari segi ekspektasi. “Kota Tangerang salah satu kota yang sangat cepat tingkat pertumbuhan ekonominya,” katanya, Selasa, (20/05/2014).

Selain itu, kata Budiharto, dapat menjadi acuan pembentukan harga di pasar sehingga mengurangi kemungkinan tindakan spekulaif terhadap berbagai komoditas strategis. “PIHPS di Pasar Anyar ini yang pertama kali diresmikan di Provinsi Banten,” tuturnya.

Menurut Budharto, Kota Tangerang dipilih sebagai destinasi pertama bagi pemasangan PIHPS.  “Karena menjadi sentra perdagangan dan industri di Provinsi Banten dengan adanya pasar-pasar induk yang menyuplai daerah yang ada di Banten ataupun luar Banten,”

Kemudian terkait penyediaan jaringan informasi, Pemkot Tangerang terus berupaya membangun sistem informasi pemerintahan secara online yang terintegrasi melalui Tangerang Smart Network, dimana Pemkot telah membangun website di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sehingga masyarakat akan mudah memperoleh dan mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, Walikota menuturkan keberadaan  website di setiap SKPD sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat seperti halnya websiteindagkop.tangerangkota.go.id yang dirasakan sangat membantu bagi para pengusaha kecil dan menengah (UKM) dalam mempromosikan produk-produknya melalui internet.

Selain SKPD, Pemkot juga telah membangun sistem digital di beberapa sektor pelayanan diantaranya kecamatan, kelurahan, pengelolaan keuangan daerah, pelayanan publik, pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun komunitas masyarakat. “Pembangunan sistem informasi tak lain guna mendukung terwujudnya kinerja pemerintahan berbasis elektronik yang pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat,”

Apalagi di era serba digital saat ini, lanjutnya, setiap informasi disajikan dengan cepat melalui perangkat digital. Pemkot akan terus upayakan di ruang-ruang publik seperti taman, sekolah, pusat pelayanan turut difasilitasi jaringan informasi diantaranya dengan tersedianya wifi,” papar Walikota. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kenaikan Cukai dan Pandemi Lemahkan Serapan Tenaga Kerja di Industri Strategis

JAKARTA-Cukai Hasil Tembakau (CHT) adalah salah satu komponen penerimaan negara

Jonan Beberkan Kiat Sukses Pemerintah Akuisisi Saham Mayoritas PT Freeport

JAKARTA-Akhir tahun 2018 lalu, Pemerintah berhasil mencatatkan capaian besar, yaitu