BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 2016 Meningkat

Friday 5 Feb 2016, 4 : 56 pm
by
Logo Bank Indonesia

JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2015 tercatat 5,04% (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya sebesar 4,74% (yoy).

Angka pertumbuhan ini diluar perkiraan Bank Indonesia (BI). Dengan perkembangan ini, pertumbuhan ekonomi untuk 2015 tercatat 4,79% (yoy),” ujar Direktur Departemen Komunikasi BI, Arbona Hutabarat di Jakarta, Jumat (5/2).

Menurutnya, peningkatan pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV tersebut sejalan dengan upaya pemerintah dalam memberikan stimulus pada perekonomian dan kebijakan BI untuk menjaga stabilitas makroekonomi dengan tetap memberikan ruang bagi momentum pertumbuhan ekonomi.

Dia menjelaskan, peningkatan pertumbuhan ekonomi pada triwulan IV 2015 terutama didorong oleh peningkatan permintaan domestik, di tengah kontribusi sektor eksternal yang menurun.

Baca juga :  Triwulan I-2024, Pembiayaan Korporasi dan Kredit Perbankan Meningkat

Dari sisi permintaan domestik, peningkatan pertumbuhan ekonomi terutama didorong oleh meningkatnya peran Pemerintah, baik dalam bentuk konsumsi pemerintah maupun investasi infrastruktur.

Sementara, konsumsi swasta masih tetap kuat, ditopang oleh peningkatan pertumbuhan konsumsi Lembaga Non-Profit Rumah Tangga (LNPRT) terkait aktivitas Pilkada pada triwulan IV 2015.

“Dari sisi eksternal, pemulihan ekonomi global yang berjalan lambat serta penurunan harga komoditas berdampak pada masih menurunnya ekspor,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Rey Insurtech Kesehatan Hadirkan Produk ReyForBusiness, Solusi Bagi UMKM Hadapi Resesi Ekonomi

JAKARTA-Resesi ekonomi global diperkirakan akan memengaruhi banyak sektor dan kinerja

BPS : Inflasi Mei Hanya 0,16%

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) mengklaim tekanan inflasi pada Mei 2014