BIPI Kuasai 100% Saham PTT Mining Senilai USD471,17 Juta

Thursday 20 Oct 2022, 7 : 01 pm
by
PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk

JAKARTA-Anak usaha PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI), PT Sintesa Bara Gemilang (SBG) berencana membeli 100 persen saham PTT Mining Limited (PML) yang dimiliki PTT Holding International Ltd (PIH), dengan nilai transaksi sebesar USD471,17 juta.

Berdasarkan keterbukaan informasi BIPI yang dikutip Kamis (20/10), pembelian saham PML sebesar USD471,17 juta tersebut masuk ke dalam kategori yang bersifat material, karena merupakan 95,13 persen dari total ekuitas BIPI per 30 Juni 2022.

Lantaran nilai transaksi itu lebih dari 50 persen dari total ekuitas BIPI, maka rencana ini harus mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham melalui pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Transaksi ini diharapkan bisa terlaksana sebelum batas waktu Tanggal Penyelesaian selambat-lambatnya 1 Desember 2022.

Atas rencana transaksi ini, BIPI sebagai penjamin pembelian yang dilakukan oleh SBG harus menyampaikan komitmen untuk memenuhi kewajiban pembayaran kepada PIH.

Sehingga, BIPI bisa memperoleh haknya berupa seluruh saham PML pada Tanggal Penyelesaian.

Sementara itu, PIH wajib menjaga kelangsungan usaha bisa tetap berjalan baik sampai transaksi dinyatakan selesai, termasuk didalamnya melakukan rapat transisi yang dilakukan setiap bulan sampai Tanggal Penyelesaian.

Manajemen BIPI menyampaikan, pada 1 Agustus 2022, pihaknya telah menempatkan deposit hingga USD50 juta atas rencana transaksi tersebut, yang sekaligus sebagai syarat pendahuluan dalam pengambilalihan saham PML.

“Perseroan optimistis akan mendapatkan kontribusi positif pada kinerja keuangan konsolidasian di masa mendatang, yang pada akhirnya memperkuat posisi perseroan sebagai salah satu perusahaan dalam bisnis infrastruktur energi di Indonesia,” demikian disebutkan manajemen BIPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketua DPR Apresiasi NU Organisasi Penyejuk Semua Umat

JAKARTA-Ketua DPR RI, Setya Novanto mengapresiasi Nahdlatul Ulama (NU) sebagai

Golkar Kesal KIH Dapat Kursi Pimpinan Komisi

JAKARTA-Partai Golkar kecewa terkait adanya rencana  melepas sejumlah jabatan untuk