Buat Beli Mesin dan Peralatan, Samator Indo Gas Emisi Surat Utang Rp140 Miliar

Tuesday 3 Oct 2023, 8 : 16 pm
ILUSTRASI

JAKARTA-Manajemen PT Samator Indo Gas (AGII) siap menawarkan surat utang kepada investor senilai Rp140 miliar pada 3-5 Oktober 2023.

Surat utang tersebut terdiri atas Obligasi Berkelanjutan III AGII tahap I/2023 senilai Rp70 miliar, dan Sukuk Ijarah III tahap I/2023 sebesar Rp70 miliar.

Surat utang di atas adalah bagian dari penawaran umum Obligasi Berkelanjutan III AGII senilai total Rp750 miliar dan Sukuk Ijarah III AGII senilai total Rp1,25 triliun.

Direksi AGII dalam prospektus tambahan rencana penawaran umum obligasi yang diumumkan di Jakarta, Selasa (3/10), menjelaskan, obligasi tersebut terdiri atas seri A sebesar Rp41 miliar dengan bunga tetap 7,40% per tahun dan tenor tiga tahun, dan seri B senilai Rp29 miliar memiliki tenor lima tahun dengan bunga tetap 7,90% per tahun.

Adapun Sukuk Ijarah AGII III/2023 terdiri atas seri A sebesar Rp35,5 miliar dengan jangka waktu tiga tahun, dan seri B senilai Rp34,5 miliar dengan tenor lima tahun.

Menurut Direksi AGII, dana dari penawaran umum obligasi setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, sebesar 60% untuk pembelian mesin dan peralatan namun tidak terbatas pada mesin produksi gas, pompa, dan peralatan pendukungnya.

Sementara 40% akan digunakan untuk pembelian sarana pemasaran yang terdiri namun tidak terbatas pada storage tank, botol gas, microbulk, lorrytank, iso tank, dan peralatan pendukungnya.

Dana hasl penawaran umum Sukuk Iajarah, sebesar 60% akan digunakan untuk pembelian mesin dan peralatan namun tidak terbatas pada mesin produksi gas, pompa, dan peralatan pendukungnya.

Pembelian peralatan peralatan dengan tujuan untuk ekpansi usaha.

Adapun 40% untuk pembelian sarana pemasaran yang terdiri atas namun tidak terbatas pada storage tank, botol gas, microbulk, lorrytank, iso tank, dan peralatan pendukungnya.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi surat utang AGII 2023 adalah PT PT Indo Premier Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas, serta PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKB) sebagai wali amanat. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Abdullah

Cerita APBN Kita

Oleh: Said Abdullah Hari ini, lembar penutup 2023. Besok lembar
Jasmerah merupakan pesan yang masih sangat relevan sampai saat ini. Karena para elit bangsa Indonesia cenderung meninggalkan sejarah. Melupakan sejarah.

Penerimaan Pajak Q3/2020 Memburuk, Resesi Semakin Dalam?

Oleh: Anthony Budiawan Mengejutkan, ekonomi sebagian besar negara-negara maju menunjukkan