Budaya Jawa Dituding Hambat Debat Capres

Kamis 12 Jun 2014, 3 : 48 pm
Irman Putra Sidin

JAKARTA-Debat calon presiden dinilai menjadi tidak menarik lantaran lebih dipengaruhi oleh dominannya budaya Jawa. Sehingga tak ada kesan debat yang seru dan saling serang. “KPU semestinya jangan terlalu kaku. Mekanisme ini seolah dikungkung budaya Jawa yang tak mau menonjolkan sikap frontal,” kata pakar komunikasi politik, Tjipta Lesmana dalam diskusi “Efektifitas Debat Capres Pengaruhi Pemilih”, Kamis, (12/06/2014).

Lebih jauh Tjipta meminta KPU lebih luwes mengatur debat capres ini agar publik bisa mengetahui secara jelas, bagaimana pemikiran para capres tersebut. “Jadi jangan direduksi oleh Budaya Jawa. Makanya KPU jangan takut mengatur mekanisme debat ini agar bisa jadi tontonan menarik,” tambahnya.

Menurut Guru Besar FISIP Universitas Pelita Harapan (UPH) ini, moderator debat capres hanya seperti pengatur lalu lintas saja. “Prit jalan, lalu prit stop,” tegasnya seraya menjelaskan bagaimana dampak yang ditimbulkan dari aksi debat ini. “Padahal debat capres ini sangat efektif untuk rakyat Indonesia. Karena itu para capres sebaiknya memanfaatkan betul panggung debat ini,”

Sementara itu, pengamat hukum tatanegara, Irman Putrasidin menilai porsi debat antar capres lebih banyak diberikan dalam UU Pilpres. Karena memang posisi capres sangat penting sebagai pemegang kendali pemerintahan. “Dalam UU Pilpres mengatur tiga kali debat antar capres dan dua kali antar cawapres,” ungkapnya

Namun Irman tidak bersedia  menyebut mekanisme debat capres kemarin itu melanggar Undang-Undang Pilpres. “Saya tidak mau mengatakan itu melanggar, memang tidak sesuai dengan aturan,” ucapnya.

Menurut Irman, Dalam UU Pilpres posisi moderator debat memang sengaja diciptakan seperti pengatur lalu lintas. Sehingga wajar menjadi tidak menarik.
Semestinya debat capres menjadi acara resmi kenegaraan, lanjut Irman, dimana Presiden hadir dalam acara itu guna memberikan speech (pembuka). “Dengan begitu akan keberlanjutan pembangunan, presiden menjelaskan sejumlah program yang belum terlaksana. Sehingga para capres ini memaparkan sejumlah target yang akan menjadi programnya,” pungkasnya. (ek)

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bidik Kontrak Rp3 Triliun, TOTL Targetkan Laba di 2020 Senilai Rp175 Miliar

JAKARTA-PT Total Bangun Persada Tbk (TOTL) menargetkan perolehan laba bersih

Tampil di Hajatan Rakyat, Slank Akan Bawakan Lagu Khusus untuk Ganjar-Mahfud

JAKARTA-Grup band Slank akan tampil dan membawakan lagu yang diciptakan