BUMDes Maju Bersama Pasok Pangan Untuk Atlet Asian Games

Tuesday 21 Aug 2018, 12 : 33 am

JAKARTA-Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Maju Bersama yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat siap memasok 60 ton beras untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para atlet, offisial dan relawan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

“Ini sebuah prestasi yang membanggakan karena Bumdes ini mampu berpartisipasi dalam penyelenggaraan Asian Games dan Para Games 2018 dengan memasok kebutuhan beras untuk para atlet, ofisial, hingga relawan,” kata Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu, (19/8/2018).

Bumdes Maju Bersama merupakan salah satu program Kementerian Desa yang memiliki salah satu produk unggulan yaitu beras dari lahan persawahan di Cilamaya Wetan, kawasan Karawang, Jawa Barat.

Perusahaan yang merupakan gabungan dari Bumdes dari beberapa desa ini, telah mempunyai sarana pendukung untuk meningkatkan skala ekonomi produk unggulan mulai dari pengeringan padi, gudang, hingga sarana pengepakan.

“Sarana dan prasana ini juga didukung dengan jaminan serapan pasar yang merupakan buah dari kerja sama Kemendesa dengan para “off-taker” dari kalangan dunia usaha.

General Manager PT Asia Niaga Sinergi, Aulia Bari, yang merupakan “off-taker” atau pendamping Bumdes Maju Bersama, mengatakan upaya pendampingan ke petani Cilamaya Wetan, baru berlangsung dalam enam bulan terakhir.

Petani diberikan pendampingan dalam bentuk teknis industri dan pemasaran/marketing, termasuk bimbingan bagaimana mengelola produk agar bisa diserap oleh pasar.

“Kami juga memberikan pendampingan terhadap penyediaan sarana dan prasana yang dibutuhkan oleh petani untuk meningkatkan kualitas produk mereka,” kata Aulia.

Ia mengungkapkan bahwa selama pendampingan, petani maupun manajemen Bumdes Maju Bersama, bersemangat mengembangkan produk unggulan kawasan perdesaan mereka.

Semangat ini penting untuk memudahkan komunikasi dan kerja sama antara petani, pengelola Bumdes, serta perusahaan sebagai penyerap produksi, sehingga diharapkan bisa bersaing secara nasional.

Saat ini selain memasok kebutuhan untuk Asian Games dan Para Games 2018, beras produksi Bumdes Maju Bersama dengan nama dagang Larisst juga menjadi beras Bumdes pertama yang masuk ke pasar modern melalui Indomaret di pelosok tanah air.

“Kami yakin kerja sama ini kian berkembang di masa datang di mana keberadaan program  Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), Bumdes, hingga kami sebagai “off-taker” akan memberikan nilai lebih bagi peningkatan kesejahteraan petani dan warga desa,” kata Aulia. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Layanan Penyiaran Berbasis Internet Konstitusional, MK Tolak Gugatan RCTI

JAKARTA-Permohonan uji materiil Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran

Angkasa Pura II Klaim Bandara Soetta Paling Aman dari Penularan Korona

JAKARTA-PT Angkasa Pura II (Persero) mengklaim, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta