Buying Mission 2015 Raih Transaksi Sebesar USD 1,3 Juta

Wednesday 18 Mar 2015, 3 : 18 pm
by

JAKARTA-Di tengah maraknya isu lingkungan hidup, produk furnitur Indonesia membuktikan daya saingnya di pasar global. Misi pembelian (buying mission) yang diinisiasi Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan berhasil mencatatkan transaksi sebesar USD 1,3 juta akhir pekan lalu.

Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kemendag Pradnyawati menegaskan bahwa dokumen V-Legal menjadi daya saing produk furnitur Indonesia di pasar internasional. “Di tengah maraknya isu global tentang lingkungan yang bergerak ke arah environmentally friendly dan sustainable of trade, Indonesia mampu membuktikan daya saing produknya melalui dokumen V-Legal,” jelas Pradnyawati, di Jakarta, (17/3).

Pradnyawati juga menjelaskan bahwa Kemendag melalui Ditjen PEN kembali melaksanakan misi pembelian (buying mission) yang merupakan inisiatif baru pada 2014. Importir furnitur asal Jerman, Index Living GmbH, telah melakukan kontrak pembelian produk senilai USD 1,3 juta dengan lima perusahaan furnitur Indonesia, Sabtu (14/3) akhir pekan lalu.

Perusahaan asal Cirebon yang berbasis rotan, House of Rattan, hanyalah salah satu perusahaan yang menandatangani kontrak tahun ini. Perusahaan lainnya adalah Yogya Indo Global (Yogyakarta), Woodwork Interior (Jepara), dan Nuansa Kayu Bekas (Solo). Perusahaan yang berada di Jl Tegalwangi Km 09, Cirebon ini juga telah mengekspor rata-rata 120-150 kontainer per bulan ke negara tujuan ekspor, seperti Amerika Serikat (70%), Eropa (30%), serta negara Asia dan Afrika (20%). House of Rattan juga telah bekerja sama dengan nama-nama besar importir dan toko ritel di AS, seperti Pier 1, Crate and Barrel, serta Williams-Sonoma.

Index Living GmbH sendiri adalah importir dan toko ritel furnitur asal Jerman yang telah memiliki jejaring untuk memasarkan produk furnitur asal Indonesia ke seluruh Eropa.

“Salah satu pertimbangan utama Index Living untuk tetap mengimpor dari Indonesia adalah karena produk-produk Indonesia berstandar kualitas tinggi, ramah lingkungan, dan sesuai dengan preferensi konsumen di Jerman,” tutur Pradnyawati.

Menurutnya, misi pembelian merupakan salah satu skema promosi yang disediakan Kemendag untuk membantu dunia usaha dengan mendatangkan buyers ke Indonesia agar dapat melakukan kesepakatan atau transaksi dagang dalam rangka ekspor. Upaya ini dilakukan melalui kerjasama Ditjen PEN dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg.

Seperti diketahui, Indonesia menduduki peringkat ke-19 dunia sebagai negara eksportir furnitur. Pada 2014, total ekspor furnitur Indonesia mencapai nilai USD 1,78 miliar. Meski selama periode 2010-2014 ekspor furnitur Indonesia mengalami tren negatif 1,46%, peningkatan nilai setahun terakhir ini cukup menggembirakan, yaitu sebesar 2,18%. Jerman sendiri menduduki posisi ke-4 sebagai negara tujuan ekspor furnitur dengan nilai USD 80,8 juta dan share sebesar 4,53%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

kib usung capres 2024

Tokoh Banyak, KIB Lebih Baik Usung Capres Internal

JAKARTA-Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidowi (Awiek) mengatakan,
10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Air

Tahap Ke-21, 10 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

JAKARTA-Pemerintah kembali mengamankan pasokan vaksin yang diperlukan untuk pelaksanaan vaksinasi