Cadangan Devisa Tercatat US$136,2 Miliar di April 2024

Rabu 8 Mei 2024, 7 : 24 pm
by
BI
ILUSTRASI

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengumumkan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2024 tercatat sebesar US$136,2 miliar.

Angka ini turun 2,99%dibandingkan posisi pada akhir Maret 2024 sebesar US$140,4 miliar.

Direktur BI Bidang Departemen Komunikasi BIFadjar Majardi, penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh  pembayaran utang luar negeri Pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar Rupiah seiring dengan peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global. 

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (08/5/2024).

Ke depan, BI memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi nasional yang terjaga, seiring dengan sinergi respons bauran kebijakan yang ditempuh BI dan Pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kredit Tumbuh, BCA Raup Laba Rp23,3 triliun

JAKARTA-PT Bank Central Asia Tbk mengklaim pertumbuhan laba bersih sebesar

BNI Syariah Tawarkan Kemudahan Travel dengan Kartu BNI iB Hasanah Card

JAKARTA-BNI Syariah menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran untuk berbagai