Survei BI: Konsumen Optimis Dengan Kondisi Ekonomi 6 Bulan ke Depan

Tuesday 14 May 2024, 2 : 07 am

JAKARTABank Indonesia (BI) mencatat ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan terpantau meningkat.

Hal ini tecermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) April 2024 yang berada pada area optimis sebesar 136,0, meningkat dibandingkan 133,8 pada Maret 2024.

Asisten Gubernur, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryon0 menjelaskan meningkatnya IEK terutama didorong oleh menguatnya semua komponen pembentuknya dengan peningkatan tertinggi pada ekspektasi terhadap kegiatan usaha sebesar 132,6, meningkat dari 128,1 pada bulan sebelumnya.

Sementara ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja masing-masing sebesar 140,6 dan 134,8, lebih tinggi dari 139,4dan 134,0 pada Maret 2024.

Secara spasial, sebagian besar kota mencatat peningkatan IEK, terbesar di Kota Bandar Lampung (17,3 poin), disusul Padang (12,0 poin) dan Medan (9,1 poin).

Baca juga :  PT ADARO Dukung Langkah Pemerintah Stabilkan Rupiah

Pada April 2024, ekspektasi konsumen terhadap perkembangan kegiatan usaha ke depan terpantau berada dalam zona optimis dan meningkat pada seluruh tingkat pengeluaran dan kelompok usia responden.

Selanjutnya, ekspektasi konsumen terhadap penghasilan ke depan mengalami peningkatan terutama pada responden dengan pengeluaran >Rp5 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

RUPSLB Telkom Tunjuk Alex Jadi Dirut

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Telkom Indonesia

Sektor Makanan Halal Motor Penggerak Ekonomi Syariah

JAKARTA-Gubernur Ban Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan ekonomi syariah menunjukkan