Catatan TGB, 10 tahun Pengabdian Sebagai Gubernur NTB

Monday 17 Sep 2018, 12 : 07 am
by
Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH M. Zainul Majdi

Bismillahirrahmanirrahiim.
Assalamu’alaikum Warrahmatullohi Wabarakatuhu.

Dengan memanjatkan rasa syukur kepada ALLOH SWT, kerja dan karya saya telah paripurna. Untuk itu, saya memiliki 3 catatan penting yang InsyaALLOH dapat berguna bagi para generasi muda baru penerus bangsa dan kita semua:

Pertama, saya terpilih sebagai gubernur pada usia muda yaitu 36 tahun. Kira-kira mungkin di usia tersebut seorang perwira TNI atau perwira kepolisian sedang berpangkat mayor atau komisaris polisi. Bahkan sebelumnya saat menduduki posisi sebagai Anggota DPR RI, usia saya baru 32 tahun.

Setelah menyelesaikan masa jabatan 10 tahun di NTB, ternyata Alhamdulilah masih juga termasuk muda. Saat ini Alhamdulilah telah ada lebih banyak generasi muda yang berhasil menduduki jabatan-jabatan publik yang dipilih baik di eksekutif maupun legislatif. Bahkan saat ini ada partai-partai politik yang dipimpin oleh generasi baru dengan pemikiran-pemikiran segar seperti PKPI dan PSI. Saya yakin dengan seiring waktu, akan lebih banyak lagi generasi muda yang akan menjadi pimpinan-pimpinan partai politik.

Memulai berkarya dan mengabdi bagi nusa-bangsa yang dimulai di usia muda dan produktif akan menambah rentang waktu pengabdian kita jika diiringi dengan niat bersih dan konsistensi untuk mengabdi kepada masyarakat.

Tantangannya adalah kemampuan generasi muda untuk menyerap dan belajar dari pengalaman dari tokoh-tokoh terbaik bangsa. Seringkali semangat progresivitas kaum muda melaju terlampau kencang sehingga luput dari prinsip kecermatan dan tentunya kebijaksanaan atau wisdomuntuk dapat melihat berbagai permasalahan secara lebih menyeluruh dan mendalam demi kemashlahatan publik. Tidak hanya berlomba-lomba mengejar popularitas atau tenggelam ke dalam kepentingan sempit jangka pendek.

Kedua, menjadi pejabat publik yang dipilih rakyat baik bupati, walikota, gubernur, hingga presiden dan wakil presiden termasuk anggota lembaga kedewanan itu tidak ada sekolahnya. Tidak ada sekolah gubernur atau bupati. Tidak ada juga sekolah anggota DPR.

Oleh karena itu, sinergitas antara elected public officialdengan birokrasi menjadi sangat penting. Pemimpin politik menghidupkan menghidupkan ideologi dan menyemaikan pemikiran-pemikiran besar, lalu struktur birokrasi lah yang menjalankannya. Disinilah letak peran kepemimpinan dan komunikasinya yang demokratis dan efektif menjadi kunci utama. Praktek tata kelola pemerintahan efektif yang dijalankan pemerintah NTB bersama pemerintah pusat telah berjalan sangat baik. Insya ALLOH, apa yang telah dijalankan di NTB dapat menjadi bahan masukan dan pembelajaran bagi pelaku-pelaku politik pemerintahan saat ini dan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PCB FC Jalani Laga Uji Coba Kedua Dengan Farmel FC

BEKASI-Patriot Chandrabaga Fc Kota Bekasi melakukan pertandingan persahabatan untuk laga

Permendes 6/2020 Dikritisi, Komite I DPD: Penyaluran Dana Desa Jadi “Ruwet”

JAKARTA-Komite I DPD RI mengkritisi penerbitan Permendes 6 tahun 2020