CENT Siapkan Rp1,18 Triliun untuk Beli 397 Menara Telekomunikasi dan Sewa Lahan

Tuesday 30 Aug 2022, 8 : 54 pm
by
PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk

JAKARTA-PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT) berencana membeli 397 menara telekomunikasi milik PT Anugerah Communication dan menyewa lahan yang dimiliki oleh PT Kelola Multi Berkat, dengan kesiapan dana mencapai Rp1,18 triliun.

Berdasarkan keterbukaan informasi CENT yang dikutip Selasa (30/8), perseroan melalui anak usahanya, PT Centratama Menara Indonesia (CMI) berencana mengambil alih 397 portofolio aset menara telekomunikasi milik Anugerah Communication, serta menyewa lahan milik KMB.

Menurut keterangan resmi perseroan yang disampaikan oleh Direktur Utama CENT, Yan Raymond Jafri, nilai transaksi pembelian menara telekomunikasi tersebut maksimal Rp1,15 triliun, sedangkan nilai transaksi untuk penyewaan lahan sebesar-besarnya Rp19,79 miliar.

“Alasan dilakukannya rencana transaksi tersebut adalah untuk meningkatkan jumlah portofolio aset menara telekomunikasi milik grup CENT. Perseroan dan CMI selalu mencari peluang untuk mengembangkan bisnis persewaan menara telekomunikasi, baik melalui pertumbuhan secara organik maupun akuisisi menara telekomunikasi,” papar Raymond.

Menurut dia, Anugerah Communication memiliki sejumlah aset menara telekomunikasi yang mayoritas berlokasi di wilayah timur Indonesia.

“Dengan demikian, rencana transaksi dapat memperluas penawaran grup CENT kepada konsumen, khususnya di wilayah timur Indonesia,” imbuhnya.

Setelah rencana transaksi terealisasi, maka manfaat yang diterima CENT adalah, bertambahnya jumlah menara milik perseroan dan CMI yang dapat memperkuat posisi CENT sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia menara telekomunikasi.

Selain itu, bisa memperluas portofolio dan jaringan penyediaan layanan khususnya di wilayah timur Indonesia, serta aset aset tetap tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan pendapatan dan laba bersih CENT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Usulan Asumsi Makro RAPBN 2021: Terukur, Konsolidatif Namun Tetap Ekspansif

JAKARTA-Pemerintah akan melanjutkan kebijakan fiskal konsolidatif namun tetap ekspansif pada

Menperin: Perajin Bisa Gunakan Website untuk Promosi

LOMBOK-Kompetisi produk tradisional Indonesia memasuki pasar internasional memang tidak mudah.