Copot Fahri Ada Dampaknya Untuk PKS

Tuesday 12 Jan 2016, 1 : 54 pm

JAKARTA-Posisi Fahri Hamzah sebagai Wakil Ketua DPR terus digoyang oleh internal PKS. Namun sejumlah pihak diingatkan dampak negatif dari pencopotan Fahri. “Sebagai Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah itu sedang menjalankan fungsi negara. Rakyat berhak mengingatkan kepada PKS bahwa mencopot Fahri Hamzah tanpa alasan yang konstitusional maka ini sama halnya dengan menggangu fungsi negara,” kata Pakar Hukum Tata Negara Irmanputra Sidin di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

PKS, kata Irman, tentu tidak mau harus berhadap-hadapan dengan rakyat maupun berhadapan dengan konstitusi termasuk mencari-cari alasan dengan mencabut keanggotaan Fahri Hamzah sebagai kader PKS yang dinilai akan bisa memaksa Fahri hengkang dari jabatannya. “Ada legitimasi, legalitas dan konstitusionalitas yang bisa menjadi ancaman bagi keberadaan partai,” ujarnya.

Dia mengingatkan apapun alasan yang tidak sesuai konstitusi, maka partai bisa digugat. ” Ini seharusnya dipaham oleh para politisi dan partai politik,” tandasnya.

Sementara itu Fahri Hamzah sendiri melaporkan dua petinggi PKS yaitu, Wakil Sekretaris Jenderal PKS Mardani Ali Sera serta Ketua DPP PKS Bidang Politik Hukum dan HAM Al Muzzammil Yusuf ke Badan Penegak Disiplin Organisasi (BPOD). Karena dinilai telah menjadi penyebab kekacauan di internal PKS.

Menurut Fahri, keadaan menjadi kacau karena kedua elit tersebut telah meminta Fahri mundur sebagai wakil ketua DPR. Alasannya Fahri dianggap terlalu membela Mantan Ketua DPR, Setya Novanto dan melaporkannya ke BPDO yang dianggap Fahri melanggar AD/ART partai. “Menurut saya, keributan ini mereka yang buat. Kok jadi saya yang malah dituduh. Ya, saya laporkan mereka balik,” ujar Fahri.

Dalam kesempatan itu Fahri tidak menyebutkan apakah laporan itu diterima oleh BPDO atau tidak. Dia juga tidak menjelaskan tanggapan BPDO atas laporan itu. Namun dirinya berharap BPDO menindaklanjuti laporannya tersebut agar kedua petinggi PKS itu merasakan apa yang dia rasakan pula. “Ya, apa boleh buat. Jadi beginilah caranya. Ya, mudah-mudahan semuanya mendapatkan pelajaran,” tandasnya. **aec

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

November 2023, Bank Maspion Gelar PUT Senilai Rp3,508 Triliun

JAKARTA-Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS) melakukan penawaran umum terbatas (PUT)

Laba Bersih BULL di Semester I Turun Jadi USD15,49 Juta

JAKARTA-Laba bersih (unaudited) PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL) pada