Dampak Kenaikan Harga BBM Positif

Senin 6 Mei 2013, 6 : 10 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) memperkirakan rencana pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi berdampak positif dalam kurun waktu satu tahun kedepan. Kebaikan BBM bersubsidi ini diyakini mampu menciptakan surplus neraca pembayaran dan penguatan nilai tukar rupiah. “Dampak kenaikan harga BBM jangan dilihat dari jangka pendek dua-tiga bulan, karena dampaknya pasti negatif dengan adanya inflasi,” kata Gubernur BI, Darmin Nasution di Kantor Menteri Dalam Negeri Jakarta, Senin (6/5).

Menurut Darmin, jika memandang kenaikan harga BBM bersubsidi dalam jangka waktu panjang, justru dampak positifnya akan lebih besar. Bahkan, lanjut dia, dalam waktu setahun atau dua tahun, kebijakan tersebut akan terus mengarah pada surplus neraca pembayaran dan penguatan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. “Dalam jangka lebih panjang setahun atau dua tahun, maka dampaknya itu baik. Misalnya, neraca pembayaran akan terus membaik, sehingga tekanan terhadap nilai tukar rupiah bisa berkurang dan persepsi dari pasar akan berkurang atau menjadi baikn” paparnya.

Dengan demikian, jelas Darmin, ketika mengkaji kenaikan harga BBM perlu untuk membedakan dampak yang akan muncul secara jangka pendek dan panjang. “Artinya, kalau setahun atau lebih, dampaknya akan bagus. Tetapi, kalau dilihat dua atau tiga bulan, tentu tidak terhindarkan dampak negatifnya. Itu dinamika masalah ekonomi, dua atau tiga bulan berpengaruh negatif, habis itu ada adjustment,” tutur Darmin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sriwijaya CBD Akan Menjadi Kawasan ‘Emas’ Investasi Dunia

PALEMBANG-Walikota Pelembang Sumatera Selatan (Sumsel) H. Harnojoyo mengundang investor Kawasan

Intan PAN: Mahar Politik Tidak Ada, PAN Dukung Prabowo-Sandi Tanpa Syarat

DEPOK-Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Hj Intan Fitriana Fauzi,