Dirjen Tata Ruang Tinjau Pembangunan Kawasan Industri di Jateng dan Jabar

Monday 1 Feb 2021, 10 : 33 pm
by
Cek Kesesuaian Tata Ruang, Dirjen Tata Ruang Tinjau Pembangunan Kawasan Industri di Jateng dan Jabar

JATENG-Keberadaan kawasan industri di Indonesia menjadi salah satu program Pemerintah untuk mendorong penguatan daya saing investasi dan daya saing industri serta mempercepat penyebaran dan pemerataan pembangunan.

Hal ini juga didukung dengan prinsip pengembangan kawasan industri dimana pemilihan, penetapan dan penggunaan lahan untuk kawasan industri harus sesuai dan mengacu kepada ketentuan yang ditetapkan oleh Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota yang bersangkutan, Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, maupun Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.


Menindaklanjuti hal tersebut, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang turut mengawal pembangunan Kawasan Industri yang tersebar di beberapa titik di Indonesia, antara lain Pembangunan Kawasan Industri Batang dan Kawasan Industri Kendal di Provinsi Jawa Tengah serta Kawasan Industri Subang di Provinsi Jawa Barat.

Tinjauan lapangan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Tata Ruang Abdul Kamarzuki dan didampingi oleh Organisasi Perangkat Daerah terkait, Senin-Rabu (25-28/01/2021) silam.

Secara spesifik, rencana pengembangan kawasan industri yang akan dilakukan diantaranya adalah Kawasan Industri Terpadu Batang di Kabupaten Batang, Rencana Perluasan Kawasan Industri Kendal Fase II di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal dan rencana pembangunan Kawasan Industri Manyingsal di Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang.

Peninjauan kesesuaian tata ruang merupakan landasan pokok bagi pengembangan kawasan industri yang akan menjamin kepastian pelaksanaan pembangunan kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Minta Junjung Tinggi Etika Demokrasi

SURABAYA-Calon Wakil Gubernur (Cawagub) PDI Perjuangan, Jawa Timur, Said Abdullah
Kemenperin

Kemenperin Genjot Lima Sektor Manufaktur Guna Kerek Pertumbuhan Ekonomi

PADANG-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sedang fokus menggenjot kinerja lima sektor manufaktur