Ditjen Pajak Kampanye e-Filing Dalam Acara Funwalk

Monday 16 Mar 2015, 1 : 20 am
by
JAKARTA-Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menyelenggarakan kegiatan funwalk pada event Jakarta car-free day yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang kewajiban penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Tema utama funwalk ini adalah e-filing yaitu sarana penyampaian SPT Tahunan secara online sehingga masyarakat dapat mengisi dan melaporkan SPT dari mana saja dan kapan saja melalui komputer atau perangkat mobile berbasis Android yang terhubung dengan internet.
Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan, Sigit Priadi Pramudito mengungkapkan, peserta wajib pajak (WP) saat ini dapat melakukan pelaporan lebih mudah, melalui sistem e-Filling. Dengan sistem ini,  masyarakat dapat melakukan pelaporan tanpa perlu lagi datang ke kantor pajak. "Sistim E-Filling merupakan cara menyampaikan laporan pembayaran pajak dengan mudah melalui sistem online. Langsung saja masuk ke website pajaknya, ada e-Filling," ujarnya dalam kegiatan Fun Walk e-Filling Campaign di Jakarta, Minggu (15/3). 
Kegiatan funwalk tersebut mengambil tempat di area car-free day Jakarta. Registrasi peserta dimulai pukul 05.30 di Jalan Imam Bonjol tepatnya di depan hotel Mandarin Oriental dan dibagi atas dua rute masing-masing di Jalan Dukuh Atas dan Jalan MH Thamrin dan berakhir di lokasi semula. 
Melalui acara funwalk ini, Ditjen Pajak memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk lebih memahami hak dan kewajiban perpajakan. Masyarakat bebas bertanya kepada para penyuluh yang khusus bertugas untuk menjawab pertanyaan masyarakat dan memberikan informasi perpajakan yang akurat. 
Kampanye e-filing di car-free day Jakarta ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pajak beserta jajaran pimpinan dan pegawai Ditjen Pajak beserta keluarga. Selain diadakan di Jakarta, kampanye e-filing hari ini juga diselenggarakan di tiga belas kota besar lainnya di seluruh Indonesia yaitu: Denpasar, Bandung, Pontianak, Medan, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Sidoarjo, Surabaya, Pekanbaru, Palembang, Bekasi dan Makassar. 
Ditjen Pajak kata Sigit akan terus memberikan penyuluhan kepada peserta wajib pajak agar melakukan pelaporan lewat sistim tersebut. Menurutnya ini bisa menjadi sebuah kemudahan. "Sosialisasi dan kampanyekan e-Filling. Cara menyampaikan laporan pembayar pajak dengan mudah. Langsung saja masuk web pajak. Diisi lalu kirim. Jadi tidak perlu lagi ke kantor pajak," jelas Sigit.
Dia menambahkan terdapat password yang harus diambil di kantor pajak, tapi hanya sebagai awal. Sebagai semacam digital signature yang berlaku sekali seumur hidup. "Kalau drop box sama aja cuma manual. Isi dan masukan pelaporan ada banyak cara," tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Meruwat Kebersamaan, Merawat Nilai Kebangsaan

Oleh : MH Said Abdullah Setiap warga, agak sulit dibuat
memastikan seluruh kader Partai selalu siap menghadapi serangan firnah dan hoaks yang ditujukan ke Partai dan Ibu Megawati Soekarnoputri dengan penuh kesabaran, keyakinan dan tidak akan menggoyahkan karakter berpolitik Partai yang mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah dan keadilan sosial

PDIP Besar Karena Megawati

JAKARTA-Sejumlah lembaga survey menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai terpopuler dengan