DPR Nilai Penunjukan Dwi Soetjipto Tak Transparan

Saturday 29 Nov 2014, 12 : 33 am

JAKARTA-Kalangan DPR menyayangkan proses seleksi Direktur Utama Pertamina oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilakukan secara tertutup. “Harusnya transparan dan uji publik bisa dilihat masyarakat,” kata Ketua Komisi VI DPR, Achmad Hafisz Thohir di Jakarta, Jumat (28/11/2014).

Seperti diketahui Meneg BUMN Rini Soemarno memutuskan Dirut Semen Gresik Dwi Sutjipto menjadi Dirut PT Pertamina. Dengan uji publik yang terbuka, kata Hafisz, masyarakat bisa memberikan masukan terhadap calon dirut tersebut.  “Kita ingin  mengetahui bagaimana  rekam jejak yang bersangkutan, apakah  layak atau tidak dan punya kapasitas atau tidak,” tutur adik kandung Ketua umum PAN Hatta Radjasa.

Menurut Politisi PAN itu, asas transparansi dalam proses seleksi dan uji publik sangat penting dilakukan. Karena dari sinilah bisa diketahui apakah calon-calon Dirut Pertamina mempunyai visi yang kuat membawa Pertamina menjadi perusahaan kelas dunia.

Pekan depan, Komisi VI akan meminta penjelasan Menteri BUMN Rini Soemarno terkait hal itu. “Jelas, nanti kalau raker akan kita pertanyaan, karena ini berkaitan dengan Pertamina. Tidak bisa dong cara perekrutannya dilakukan secara tertutup,” tegas dia.

Proses seleksi Dirut Pertamina dilakukan melalui PT Daya Dimens Indonesia (PT DDI). Seleksi dikabarkan diikuti dari jajaran internal dan eksternal Pertamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sultan Agung Tokoh Pluralisme

TANGERANG-Ketokohan Raja Mataram Sultan Agung (1613 – 1645) sebagai pahlawan
SUDIRMAN SAID

Tepis Pengkhianat, Jubir Anies Puji Sikap ‘Move on’ AHY

JAKARTA-Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said memuji sikap politik Ketua