Ekspor Perdana Produk UKM ke Negara Nontradisional Senilai USD 2,14 Juta

Tuesday 20 Feb 2024, 5 : 38 pm
Direktur Jenderal PEN Kemendag Didi Sumedi

SURABAYA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Export Center Surabaya berhasil memfasilitasi dua pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menembus pasar internasional, khususnya nontradiosional.

Pelaku UKM tersebut berhasil melakukan ekspor perdana produk dekorasi rumah dan perikanan dengan nilai total USD 2,14 juta pada Senin (19/2) di Surabaya, Jawa timur.

Pelaku UKM tersebut terdiri atas CV Wahana Surya dan PT Daya Matahari Utama. CV Wahana Surya dengan produk dekorasi rumah dan perabotan rumah tangga plastik berhasil melakukan ekspor senilai USD 2 juta ke Tahiti dan Qatar.

Sementara PT Daya Matahari Utama memulai penetrasi pasar internasionalnya dengan produk gurita ke Korea Selatan senilai USD 57,7 ribu diikuti pengiriman lobster, tuna, dan makarel ke Malaysia senilai USD 79,8 ribu.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Didi Sumedi mengungkapkan, kesuksesan ekspor ini mencerminkan efektivitas strategi diversifikasi pasar yang telah lama dicanangkan Pemerintah Indonesia, khususnya dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang di pasar prospektif nontradisional.

Selain itu, dukungan kuat dan fasilitasi yang diberikan Export Center Surabaya menjadi faktor penting dalam membuka jalan bagi kedua perusahaan ini untuk mencapai pasar global.

“Saya mengapresiasi upaya keras kedua UKM tersebut dalam menggarap pasar ekspor baru. Walaupun dihadapkan pada tantangan logistik yang signifikan, terutama jarak antara Indonesia dan negara tujuan ekspor, namun keunikan produk dari tanah air kita menjadi daya tarik tersendiri yang membedakan dari negara lain,” kata Didi saat memimpin pelepasan ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Obligasi III-2021 yang akan ditawarkan WSKT ini terbagi menjadi dua seri, yakni Seri A memiliki jumlah pokok senilai Rp722 miliar dengan tingkat bunga sebesar 6,1 persen per tahun yang memiliki tenor selama lima tahun

Kinerja Keuangan WSKT di 2020 Berbalik Merugi Hingga Rp7,38 Triliun

JAKARTA-PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) sepanjang 2020 mencatatkan rugi

Mendagri Perluas PPKM Mikro ke Lima Provinsi

JAKARTA-Pemerintah kembali memperpanjang masa pemberlakuan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)