Electronic Banking Bakal Mendominasi Transaksi Perbankan

Tuesday 15 Sep 2015, 12 : 36 am
by

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mengawal perkembangan produk dan layanan electronic banking serta menjaga keseimbangan antara kebutuhan masyarakat terhadap produk dan aktivitas perbankan yang semakin kompleks. Hal ini dilakukan dengan mengacu pada prinsip kehati-hatian dan penerapan manajemen risiko dalam kerangka pengawasan secara mikro terhadap masing-masing individu perbankan, serta sekaligus melindungi kepentingan nasabah industri perbankan dan masyarakat.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan 1 Irwan Lubis OJK mengatakan dalam beberapa periode terakhir jumlah nasabah, frekuensi dan nilai transaksi electronic banking di Indonesia menunjukkan perkembangan yang signifikan. Frekuensi penggunaan electronic banking meningkat mulai dari 3,79 miliar tahun 2012, 4,73 miliar tahun 2013, dan 5,69 miliar tahun 2014. Sedangkan volume penggunaan electronic banking meningkat mulai dari Rp 4.441 triliun tahun 2012, Rp 5.495 triliun tahun 2013, dan Rp 6.447 triliun tahun 2014. Demikian pula halnya dengan channel yang digunakan semakin beragam. “Ke depannya, sejalan dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat (less-cash society), maka jumlah nasabah, frekuensi dan nilai transaksi electronic banking tersebut akan semakin mendominasi transaksi perbankan,” jelasnya .

Dari hasil pengawasan OJK, ujarnya penyelenggara layanan electronic banking senantiasa perlu waspada terhadap beberapa kejadian terkait dengan electronic banking. “Di sisi lain, masyarakat dan pengguna layanan electronic banking juga perlu meningkatkan kehati-hatian dalam menggunakan layanan electronic banking tersebut,” imbuhnya.

Oleh karena itu, OJK sangat concern dengan perkembangan produk dan layanan electronic banking terutama meyakini bahwa bank penyelenggara benar-benar menerapkan prinsip kehati-hatian termasuk mempunyai manajemen risiko, infrastruktur dan kontrol yang handal. Selain itu, sejalan dengan UU, OJK juga concern terhadap aspek perlindungan nasabah pengguna electronic banking.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Neraca Perdagangan Agustus Surplus USD 0,29 Miliar

JAKARTA-Neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus pada bulan Agustus 2016,

Kinerja Kuartal I-2023 Jeblok, PZZA Catatkan Rugi Hingga Rp50,89 Miliar

JAKARTA- Kinerja keuangan PT Sarimelati Kencana Tbk (PZZA) selama tiga