Facebook Siapkan Platform Tangkal Kabar Bohong

Monday 7 May 2018, 9 : 04 pm
by
Menteri Kominfo Rudiantara bersama Vice President Facebook untuk Public Policy Asia Pacific, Simon Milner, usai menemui wartawan di Kantor Kementerian Kominfo, Senin (07/05/2018)

Mengenai adanya berbagai spekulasi mengenai pemblokiran, Menteri Kominfo mengulang penegasan dalam beberapa kesempatan bahwa ia tak segan menutup platform agar peristiwa yang terjadi di Myanmar dan Srilanka, tidak terjadi di Indonesia.

Menteri Rudiantara menyatakan, Facebook diindikasi oleh Tim Investigasi PBB memiliki andil sebagai faktor kunci penyebaran hate speech yang menyasar kelompok minoritas Rohingya.

“Saya secara tegas mengatakan bahwa saya tidak pernah ragu untuk menutup sistem jika itu urusannya adalah provokasi pecahnya NKRI,” tegasnya.

Keterangan Menteri Rudiantara dibenarkan oleh Simon Milner. Bahkan dia memastikan akan memberitahu publik Indonesia akan hasil investigasi yang dilakukan Facebook atas penyalahgunaan data pengguna oleh pihak ketiga.

“Saat ini kami masih menunggu update dari Komisi Informasi Inggris terkait investigasi Cambridge Analytica. Sembari menunggu kami juga melakukan investigasi untuk menemukan jika ada pengembang ataupun aplikasi lainnya yang melakukan hal yang sama. Begitu kita dapat hasilnya, kami pastikan semua pihak akan diberi tahu, baik pemerintah, kepolisian, terutama masyarakat yang terkena dampaknya,” tegas Milner

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said: Penurunan Defisit Mengurangi Bunga Utang Rp 500 Miliar

Kegagalan tax amnesty diprediksi akan menimbulkan shortfall realisasi penerimaan target

Pemerintah Tetap Pacu Pengembangan IKM di Tengah Covid-19

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk terus mendorong pengembangan sektor industri