FKSSK Nilai Sektor Keuangan Terkendali

Monday 6 Oct 2014, 3 : 55 pm

JAKARTA-Forum Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) menegaskan sistem keuangan masih terkendali, meskipun kondisi politik memanas. “Saya kira kita sudah melihat bentuk tekanan ini di dalam beberapa hari terakhir, baik di dalam pasar modal, terjadi di dalam pasar SUN, maupun juga di nilai tukar,” kata Menteri Keuangan Chatib Basri, Senin, (06/10/2014).

Seperti diketahui, FKSSK terdiri dari Pemerintah, Bank Indonesia, Lembaga Penjamin SImpanan (LPS) dan Otoritas Jasa Keuangan. Dalam pembahasan kali ini, dibahas mengenai perkembangan stabilitas sistem keuangan yang ada saat ini. “Secara umum kami bisa menyampaikan situasi terkendali dan masih di dalam kontrol, more or less in line dengan perkiraan,” terangnya

Menurut Chatib, perlu antisipasi dari kenaikan suku bunga Federal Reserve. Hal ini sedikit banyak akan berpengaruh kepada tekanan di sektor keuangan. “Sejauh ini terkendali. Tapi, perlu dipastikan defisit dalam fiskal tetap dijaga pada target yang diajukan pemerintah dalam APBN P 2014, yang lalu sekitar 2,4 persen,” paparnya

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menambahkan, pelemahan rupiah yang terjadi belakang ini lebih disebabkan menguatnya dollar AS. “Seperti yang disampaikan Bank Indonesia tadi, ada pengaruh dari kondiri eksternal dan domestik.,”

Hal ini juga dibuktikan dengan nilau tukar di regional yang juga mengalami pelemahan.
Terkait dengan kondisi politik dalam negeri yang terus menerus memanas, baik Chatib maupun Agus senada, hal tersebut hanya berdampak temporer. “Tapi dampak dari politik lebih ke short term, atau jangka pendek. Kalau lihat pasar global, indeks AS juga turun sangat tajam, Asia juga. Jadi memang ini faktor dari eksternal lebih dominan, walaupun ada domestiknya,” pungkas. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jaga Dana Murah di Posisi 40%, BBTN Gaet 400 Nasabah Dalam 3 Bulan

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) mampu merangkul 400

Simak Fakta Menarik Kota Bandung, Apa Saja?

BANDUNG– Bandung tak hanya dikenal sebagai Kota Kembang, dengan banyaknya