Fokus ke Bisnis Utama, Anabatic Divestasi Saham Equine Global Rp195,66 Miliar

Tuesday 28 Nov 2023, 11 : 11 pm
by
PT Anabatic Technologies Tbk/DOK kontan.co.id

JAKARTA-PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) berencana melakukan divestasi atas 73% saham PT Equine Global (EG), anak usaha tidak langsung Perseroan melalui PT Computrade Technology International (CTI), kepada IBM Global Services Pte Ltd.

ATIC adalah pemegang  pengendali CTI dengan kepemilikan 99,99% saham.

Direksi ATIC dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (28/11) menjelaskan, CTI dan pemegang saham EG lainnya telah menandatangani perjanjian jual beli pada 23 November 2023.

Nilai transaksi mencapai US$13,02 juta setara Rp195,66 miliar.

Menurut Direksi, alasan dan pertimbangan penjualan saham EG karena  Perseroan akan fokus menjalankan strategi bisnis pada pengembangan lini bisnis utama yaitu penyediaan solusi dan layanan teknologi informasi.

Saat ini, bisnis IT berkontribusi signifikan terhadap pendapatan konsolidasi Perseroan dan memiliki potensi pertumbuhan yang baik di masa mendatang

“Untuk itu, Perseroan memutuskan untuk melakukan divestasi atas saham EG agar dapat menyederhanakan struktur perusahaan sehingga sejalan dengan strategi pertumbuhan lini bisnis utama Perseroan,” tulis Direksi ATIC dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani oleh para pihak, IBM akan membayar  sejumlah US$13,021 juta, termasuk US$1,833 juta sebagai retensi kepada CTI.

Dana hasil divestasi saham EG senilai US$13,02 juta atau setara Rp195,66 miliar akan digunakan CTI, antara lain  sebesar Rp50 miliar untuk pengembangan usaha dalam bidang perdagangan dan jasa termasuk melalui electronic trading.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Anggaran Belum Cair, Karwo Salahkan KPU

SURABAYA- Rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, untuk menggelar gebyar

Adakan Vaksinasi di Jatim, KemenkopUKM Sasar 300.000 Pelaku UMKM 

SURABAYA-Deputi UKM Kementerian Koperasi dan UKM RS Hanung Harimba Rachman