Gandeng Jepang, PLT OTEC 5 MW Segera Dikembangkan di Bali Utara

Monday 22 Jul 2019, 12 : 37 am
by

Profil temperatur merupakan nilai dari sebaran temperatur secara vertikal pada setiap lintasan pada masing-masing stasion pengukuran. Distribusi vertikal temperatur mengambarkan terjadinya penurunan suhu bersamaan dengan bertambahnya kedalaman pengukuran.

Temperatur rata-rata sekitar 29,66 derajat Celcius di permukaan laut yang merupakan bagian dari lapisan mixed layer sampai kedalaman 100 meter. Lapisan massa air terhadap temperatur terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan permukaan tercampur (mixed layer), lapisan termoklin (thermocline layer) dan lapisan dalam (deep water). Pada lapisan mixed layer suhu relatif sama.

Kedalaman lapisan mixed layer berbeda-beda pada tiap-tiap stasiun pengukuran. Kisaran temperatur pada lapisan mixed layer berkisar antara 28,96-29,66 derajat Celcius.

Di bawah lapisan mixed layer terdapat lapisan termoklin dimana pada lapisan ini temperatur mengalami penurunan secara drastis bersamaan dengan bertambahnya kedalaman pengukuran. Ketebalan lapisan termoklin pada masing-masing stasiun pengukuran relatif sama yaitu sekitar 250 meter dari kedalaman 150 meter hingga pada kedalaman sekitar 400 meter, dengan kisaran temperatur rata-rata 5 derajat pada kedalaman 800 meter.

Di bawah kedalaman 450 m terjadi penurunan suhu yang relatif lambat, lapisan ini ditandai dengan bentuk profil temperatur hampir tegak yang disebut sebagai lapisan homogen. Temperatur lapisan homogen berkisar antara 4,80-8,17 derajat Celcius.

Dalam pertemuan dengan Tim P3GL, Ikegami menyampaikan Tim OTEC Saga University akan mendorong Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (Ministry Economic, Trade and Industry – METI), agar dapat merealisasikan pembangunan pilot project OTEC 3-5 MW di Indonesia dengan pembiayaan dari Pemerintah Jepang.

TOTEC Saga University telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, sebagai upaya percepatan agar Pemerintah Jepang dapat menjadikan Indonesia sebagai lokasi untuk pembangun proyek percontohan OTEC.

Ikegami menambahkan upaya percepatan terbaik adalah Pemerintah Indonesia melalui Kementerian ESDM mengajukan permohonan ke Pemerintah Jepang melalui METI Jepang, untuk membangun pilot project OTEC di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BBTN meraih dua pengahargaan di ajang HR Excellence 2021 sebagai ganjaran positif bagi perseroan yang berupaya mencapai visi Home of Indonesia’s Best Talent

Dukung Pengembangan Ekosistem Keuangan Syariah, BBTN Gandeng Baznas

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) melalui Unit Usaha

Founder Teman Ahok, Amalia dan Richard Tiba di Indonesia

TANGERANG-Founder Teman Ahok Amalia Ayuningtyas dan Richard Handris Saerang, tiba di