Ganjar Menanjak, Prabowo Terjun Bebas

Wednesday 23 Aug 2023, 8 : 55 pm
by
Ketua Umum Ganjarian Spartan, Guntur Romli

JAKARTA – Survei terbaru Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) 31 Juli-11 Agustus 2023 yang diumumkan Rabu 23 Agustus 2023 memperlihatkan tren elektabilitas Ganjar Pranowo terus menanjak, sedangkan Prabowo Subianto terjun bebas.

Meski demikian, secara head to Head Prabowo Subianto masih unggul tiga persen atas Ganjar. Namun angka ini sudah sangat tipis bila dibandingkan jarak pada survei Juli 2023. Ketika itu Prabowo Subianto unggul selisih 8 persen atas Ganjar Pranowo.

Ketua Umum Relawan Ganjarian Spartan, Guntur Romli dalam keterangannya, Rabu 23 Agustus 2023 menjelaskan, hasil survei SMRC ini mengkonfirmasi hasil-hasil survei sebelumnya dari Indikator Politik Indonesia dan Litbang Kompas. Kedua lembaga itu menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo sudah rebound (mengalami pembalikan arah).

“Dalam simulasi tiga bakal calon presiden, Ganjar terus menunjukkan penguatan dan kenaikan secara signifikan, sementara Prabowo dan Anies cenderung melemah,” katanya.

Dia meneruskan, “Kampanye Pilpres mirip lomba lari maraton. Dibutuhkan stamina prima menuju garis finis yang masih 6 bulan lagi (1/2 tahun). Seperti sudah bisa diduga, Prabowo yang sempat unggul, mulai terlihat kedodoran, mulai terlihat ngos-ngosan, mulai terlihat staminanya kurang.”

Guntur Romli lebih lanjut menjelaskan, dalam survei Indikator Politik pada Juni 2023, Prabowo sempat unggul di kategori tiga nama. Namun sejak bulan Juli lalu, dia sudah tersusul oleh Ganjar yang mampu berlari stabil dan punya stamina prima.

“Ingat gerak Ganjar masih terbatas, dia belum leluasa keluar dari Semarang sampai 5 September,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, “Setelah 5 September/purna tugas sebagai Gubernur Jateng, Ganjar akan gaspol bergerak kemana-mana, khususnya ke Jakarta yang menjadi panggung politik nasional. Ingat juga, Jokowi unggul di survei-surve sebelum 2014 & 2019 karena sudah berada dan punya pangung di Jakarta.”

Sementara itu di kategori head to head, Prabowo sempat memimpin elektabilitas pada survei sebelumnya.

Namun, elektabilitas Prabowo dan Ganjar kini berimbang. Dengan larinya yang konsisten, kata Guntur, tinggal menunggu waktu buat Ganjar menyalip Prabowo. ***

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

WPF ke 8 RRC, Wang Qishan Ingatkan Mega Soal Keakraban Indonesia-RRC

BEIJING-Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan multilateral

Transisi Blok Mahakam Harus Dipersiapkan Secara Matang

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar proses alih kelola Blok Mahakam