GE-Saudi Aramco Meluncurkan Global Innovation Challenge

JAKARTA-GE Ecomagination dan Aramco Entrepreneurship meluncurkan sebuah kompetisi teknologi global untuk mempercepat pengembangan solusi yang berfokus untuk meningkatkan efisiensi energi dalamproses desalinasi air. Kompetisi yang berhadiah total senilai US$200,000 ini akan diberikan kepada empat pemenang yang masing-masing akan menerima hadiah sebesar US$50,000, dan kemungkinan investasi lebih lanjut guna memasarkan ide yang terbaik.

Saat ini teknik desalinasi yang umum digunakan memakan banyak energi hingga 70 persen dari biaya desalinasi. Produksi air desalinasi secara global menggunakan listriksekitar 75,2 terawatt-jam setiap tahunnya, yang dapat memberikan listrik bagi 7 juta rumah. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mengidentifikasi terobosan-terobosan baru guna menrunkan biaya ini di seluruh dunia, baik melalui terobosan teknologi, perbaikan proses, atau kombinasi keduanya.  “Menemukan metode desalinasi air laut yang lebih efisien dapat menjadi langkah kunci dalam menemukan sumber energi yang berkelanjutan di seluruh dunia. Oleh karena, sumber air bersih semakin berkurang, negara-negara di seluruh dunia semakin bergantung pada proses desalinasi sebagai teknologi untuk menyediakan air bersih,” ujar Aramco Entrepreneurship’s Director untuk Proyek Khusus, Nabil Al-Khowaiter di Jakarta, Senin (21/4).

Dengan teknologi yang ada saat ini, jelasnya ketergantungan ini dapat dengan drastis meningkatkan penggunaan tenaga listrik. Aramco Entrepreneurship bermitra dengan GE tidak hanya untuk mengidentifikasi solusi terbaru untuk menurunkan biaya desalinasi, tetapi juga untuk berinvestasi dan menarik teknologi dan industry baru ke Arab Saudi.

Sementara itu, Executive Director GE Global Ecomagination Deb Frodl, mengatakan, “GE Ecomagination berinvestasi untuk meningkatkan pengembangan solusi yang lebih berkelanjutan untuk desalinasi air. Melalui kompetisi ini, diharapkan menginspirasi peneliti, teknisi, wiraswasta dan innovator di seluruh dunia untuk menyumbangkan talenta mereka di kegiatan ini dan membantu mendorong hasil yang lebih berarti bagi pelanggan.   

Kompetisi inovasi terbuka ini bertujuan untuk mengidentifikasi solusi terbaru untuk menurunkan biaya desalinasi dan emisi karbon dengan cara menggunakan sumber energi yang lebih bersih; menggunakan materi yang lebih baik; dan mengintegrasikan proses dengan lebih baik. Solusi yang ditawarkan harus lebih inovatif, memberikan dampak yang luas, layak dan dapat dikembangkan secara luas di seluruh dunia.

Pendaftaran dapat segera dilakukan di www.ninesights.com/community/ecomagination. Batas pendaftaran adalah 16 Juli 2014 dan pemenang akan diumumkan di bulan November 2014.

Kompetisi ini adalah kompetisi terbuka ecomagination yang ke-lima yang diadakan sejak ecomagination diluncurkan tahun 2005. GE telah beberapa kali mengadakan kompetisi inovasiterbuka, antara lain yang dilakukan tahun lalu adalah kompetisi di bidang advanced manufacturing untuk menggunakan 3D printing guna menginkatkan kualitas produksi aircraft engine bracket GE, dan dua kopetisi di bidang kesehatan untuk meningkatkan kualitas diagnose kanker payudara dan cidera otak traumatis.

Sejak diluncurkan tahun 2005, ecomagination – yang merupakan komitmen GE terhadap solusi teknologi yang dapat menghemat biaya dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan bagi GE dan pelanggannya – telah menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 160 milyar. Berbekal kesuksesan ini, di bulan Februari 2004, GE memperbarui tujuan ecomagination dengan berkomitmen untukmengurangi emisi gas rumah kaca dan penggunaan air bersih sebesar 20 persendari angka penggunaan di tahun 2011, pada tahun 2020, serta mengumumkan peningkatan komitmen investasi R&D GE sebesar US$10 milyar untuk teknologi-teknologi ecomagination, hingga mencapai total investasi sebesar US$25 milyar di tahun 2020.

 

Baca :  BPS Catat September Alami Deflasi 0,05%