Geliat Pemulihan Ekonomi UMKM Melalui BNI UMKM Festival

Rabu 9 Agu 2023, 10 : 53 pm
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki

Para pembicara yang akan berbagi cerita diantaranya CEO MAKA Group & Founder Toko Kopi Tuku Andanu Prasetyo, Certified Financial Planner Adrian Maulana, Growth Consultant Jonathan End, Director ExportHub.id Ecosystem Amalia S Prabowo, Founder Calla The Label Yeri Afriyani, serta Co-Founder Du Anyam & Chief of Community Partnership Krealogi Hanna Keraf.

Dalam pidatonya, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengapresiasi BNI yang menjadi salah satu bank BUMN paling berani membiayai UMKM pada rantai produksi.

“BNI ini Himbara atau himpunan bank milik negara paling berani biayai UMKM di sektor produksinya,” ujar Teten.

Menurutnya, langkah BNI perlu dicontoh karena perbankan mesti masuk untuk menyasar pembiayaan kepada segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya di rantai produksi.

Terlebih, kelemahan struktur ekonomi Nasional ada pada sisi produksi. Hal ini pula yang menyebabkan pasar ritel dalam negeri dikuasai produk China.

“Kami pun sekarang kencang agar atur keras di ritel online kita jangan sampai produk dari luar begitu masuk dengan mudah. Sementara dalam negeri harus izin edar yang ribet,” imbuhnya.

Adapun, selaku bank yang juga berkomitmen terhadap sektor UMKM, BNI telah turut serta membantu UMKM berkembang melalui penyaluran kredit untuk peningkatan kapasitas usaha UMKM.

Saat ini, total portofolio kepada UMKM sebanyak Rp117,9 triliun yang dinikmati oleh lebih dari 449 ribu debitur.

Selain itu, BNI juga aktif sebagai salah satu bank penyalur kredit usaha rakyat (KUR) dengan total penyaluran hingga saat ini sebesar Rp154 triliun kepada lebih dari 1,4 juta debitur.

“Kami memiliki BNI Xpora yang merupakan solusi digital yang dikembangkan oleh BNI dan ditujukan untuk pelaku UKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. Program ini menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar,” kata Direktur Retail Banking Bank Negara Indonesia Putrama Wahju Setyawan.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

PGN Pasok Gas Untuk Kawasan Industri Tangerang

Industri juga akan mendapatkan kemudahan handling, karena pasokan gas bumi

Rabu, MKD DPR Panggil KP3I Soal Seleksi Anggota BPK

JAKARTA-Dugaan pelanggaran prosedur terkait seleksi calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan