Gernas BBI Bukti Komitmen Pemerintah Kembangkan Merek Lokal

Thursday 10 Feb 2022, 7 : 21 pm
by
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi narasumber dalam acara BRI Group Economic Outlook 2021 yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Kamis, 28 Januari 2021.

JAKARTA-Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga menegaskan, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 silam merupakan bukti keseriusan dan konsistensi pemerintah untuk terus mendukung pengembangan merek lokal.

Semakin besar merek, semakin menjadi aset tidak berwujud yang paling bernilai.

Hal ini ditegaskan Wamendag Jerry saat menjadi narasumber dalam gelaran Brand Finance Top 100 Indonesia’s Most Valuable Brands yang dihelat secara daring kemarin, Selasa (8/2).

“Kebanggaan terhadap produk dan merek Indonesia diharapkan semakin menumbuhkan merek lokal baru berkualitas dan mampu menguasai pasar. Merek lokal dapat menjadi asset tidak berwujud yang paling bernilai, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital. Sehingga, nantinya tidak hanya menguasai pasar dalam negeri, tetapi juga pasar luar negeri,” ungkap Wamendag.

Wamendag Jerry menyebutkan beberapa merek yang telah diberikan fasilitas pengembangan oleh Kementerian Perdagangan yaitu Teh Dia (teh), Restu Mande (rendang), Empal Gentong H. Apud (empal gentong kemasan), Seribusatu (nasi liwet kemasan), dan Bali Tangi (kosmetik natural).

Menurut Jerry, penghargaan “Brand Finance Indonesia Top 100” ini dapat mendorong sekaligus memotivasi para pelaku usaha lokal agar semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan penjenamaan yang lebih baik lagi terhadap produknya.

“Kami berharap penghargaan “Brand Finance Indonesia Top 100” dapat mewujudkan reputasi merek perusahaan dalam negeri yang dikenal oleh masyarakat, menjadi kebanggaan, yang dihargai, dan dihormati di pasar dalam negeri dan pasar global,” jelas Wamendag.

Wamendag menambahkan, Kementerian Perdagangan juga memfasilitasi pendaftaran sertifikasi produk, seperti ISO 22000, Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), dan Kekayaan Intelektual.

Selain itu, Kementerian Perdagangan juga memfasilitasi pendaftaran sertifikasi halal untuk makanan, minuman, kosmetik, dan obat-obatan.

Hal ini guna mendukung akselerasi pencapaian visi Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia.

Soal upaya peningkatan daya saing produk fesyen muslim, Kementerian Perdagangan juga bersinergi dengan pihak-pihak terkait dan menyelenggarakan Jakarta Muslim Fashion Week guna menjenamakan (branding) Indonesia sebagai kiblat industri fesyen muslim dunia.

Wamendag Jerry juga kembali menyampaikan, pemerintah berharap Gernas BBI dapat mendorong konsumen Indonesia semakin bangga buatan Indonesia untuk membeli dan menggunakan produk Indonesia.

Sehingga, hal tersebut akan mempercepat perputaran siklus ekonomi lokal, memperbaiki daya beli masyarakat dan mendorong kebangkitan ekonomi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

RUU Migas Diusulkan Perkuat Pertamina

JAKARTA- Komisi VII DPR RI berinisiatif mengajukan revisi UU No.22

Putut Prabantoro: Turbulensi Ideologi Terjadi Karena Bangsa Ini Melupakan Sejarah

PALEMBANG-Ketua Pelaksana Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa), AM Putut