Harga Bapok Yang Sempat Fluktuatif, Kini Relatif Stabil

Sunday 17 Mar 2024, 9 : 36 am
by
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag),  Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag),  Jerry Sambuaga

DENPASAR- Kementerian Perdagangan (Kemenperin) terus berupaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok (bapok) pada bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri.

Beberapa komoditas bapok mengalami fluktuasi harga, namun relatif stabil dan kondusif secara umum.

“Ketersediaan stok bapok selama Ramadan dan menjelang Idulfitri dipastikan aman. Tidak hanya itu, harga telur ayam yang tadinya sempat di atas Rp40.000/kg, harganya sudah turun menjadi Rp30.000/kg,” ungkap Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag),  Jerry Sambuaga saat meninjau Pasar Modern Transmart di Denpasar, Bali pada Jumat (15/3).

Jerry menyatakan, ketersediaan stok bapok yang aman dan terjaga saat ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Perdagangan, Badan Pangan Nasional (Bapanas), dan dengan seluruh pemangku kepentingan.

Kerja sama dan sinergi tersebut akan terus berlanjut agar masyarakat dapat menyambut Idulfitri dengan penuh sukacita.

“Kementerian Perdagangan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan. Sinergi dilakukan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, Aprindo, dan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk memastikan ketersediaan bapok aman. Apabila ketersediaan stok aman, harga pasti akan normal,” imbuhnya.

Jerry menekankan, Kemendag akan menjalankan langkah-langkah strategis dengan mengintensifkan pemantauan dan sinergi pengawasan pasar, mengoptimalkan intervensi pasar secara masif, serta memastikan ketersediaan stok dan pasokan komoditas pangan.

Selain itu, Kemendag juga menjamin kelancaran distribusi pasokan.

“Kemendag tidak hanya menunggu laporan. Kami turun langsung ke pasar tradisional, ritel modern, pengecer, pedagang, dan distributor sebagai strategi untuk memastikan rantai pasok berjalan dengan lancar, stok melimpah, dan harga bapok terjangkau bagi masyarakat,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Besok, 8 April 2024, Terjadi Gerhana Matahari Total

JAKARTA – Satu lagi fenomena alam yang terjadi pada Senin, 8
Selain itu, pemulihan ekonomi tahun 2022 dibarengi munculnya risiko baru yang harus dikelola seperti volatilitas harga komoditas, tekanan inflasi dan implikasi kenaikan suku bunga di negara maju, re-balancing ekonomi Tiongkok serta disrupsi rantai pasok, dan dinamika geopolitik

DIPA 2022 Diserahkan Presiden, Pelaksanaan APBN Dapat Dilakukan Awal Tahun

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemulihan ekonomi global