‘Hajatan Rakyat’ Ganjar-Mahfud di Solo Full Budaya Bangsa

Saturday 10 Feb 2024, 2 : 14 pm
Warga Solo Raya menghadiri kampanye akbar “ Hajatan Rakyat Solo’” pasangan Capres – Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sabtu (10/2/2024).

SURAKARTA – Gerimis yang turun di kota  Surakarta tak menyurutkan nyali warga Solo untuk menghadiri kampanye akbar “ Hajatan Rakyat Solo’” pasangan Calon Presiden (Capres) – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sabtu (10/2/2024).

Dari Ngarsopuro sampai Benteng Vastenburg, ratusan ribu rakyat Solo Raya dan pendukung paslon nomor urut 3 berbagai daerah di Indonesia tetap berjejal mendukung Ganjar-Mahfud. Massa yang mulai memenuhi jalanan sebelum matahari terbit itu disuguhkan dengan kirab dan pementasan yang kental budaya dan nilai-nilai kerakyatan.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi tingginya atas antusiasme dan partisipasi yang tinggi dan solid dari seluruh masyarakat, relawan, dan pendukung Ganjar- Mahfud, sehingga Hajatan Rakyat Solo berjalan lancar dan sukses. Mari kita kawal suara kita untuk Ganjar- Mahfud hingga saat pencoblosan di TPS pada 14 Februari nanti,’ ungkap Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid.

Arsjad mengatakan, “‘Hajatan Rakyat’ adalah tentang rakyat. Seluruh penyelenggaraannya melibatkan rakyat. Mulai dari hiburan, kirab, sampai ke pelaku UMKM turut serta sehingga menyajikan atmosfer yang sangat merakyat.”

“Hal ini menggambarkan bahwa sejatinya pilpres (pemilihan presiden) sebagai pesta demokrasi itu bisa dinikmati oleh rakyat, sebagai pesta rakyat yang sesungguhnya,” lanjutnya.

Capres  Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD yang mengikuti kirab menggunakan gerobak sapi menyinggahi beberapa titik untuk mengapresiasi pementasan dan hantaran dari rakyat.

Di titik kedua yang disinggahi, Ganjar terlihat memberikan jeruk kepada pemain barongsai sebagai ucapan selamat tahun baru.

Dalam rangka merawat kebhinekaan pada tahun baru Imlek, barongsai dan liong turut mengiring Ganjar-Mahfud menjadi pemimpin.

Wakil Ketua TPN, KH. Zainuddin Abdul Majid atau Tuan Guru Bajang  mengatakan, “Ganjar-Mahfud begitu inklusif, bisa diterima oleh masyarakat indonesia. Ini otentisitas yang  penting dimiliki pemimpin. Keduanya tidak berbatas dengan rakyat dan diterima oleh siapapun.”

Selain itu, pementasan Reog baik dari Ponorogo, Boyolali, maupun Tawamangu juga tidak kalah semaraknya.

Agung Setyono, Ketua Umum Reog Surakarta Hadiningrat yang ikut tampil bangga sebagai masyarakat Surakarta bisa mengiring Ganjar-Mahfud menuju kemenangan.

“Kami percaya bahwa kebaikan dan berbudi pekerti ada pada Ganjar-Mahfud. Mereka sosok yang pantas dan saling melengkapi sebagai penerus Indonesia,” ujar Agung.

Bagian penting dari rangkaian pementasan ini adalah drama tari Wayang Orang ‘Durga Mendhak, Sang Kala Sirna’.

Drama tari yang berarti ‘tunduknya kejahatan, musnahnya angkara murka’ ini bercerita tentang nafsu kuasa yang menghalalkan segala cara. Tentang pribadi penuh serakah yang merasa dirinya paling berhak berkuasa.

Cerita tentang Dewasrani, putra penguasa negeri para dewa yang berambisi menguasai dunia dengan segala daya upaya ini, dihadang dan digagalkan seorang ksatria utusan kebenaran, Wisanggeni.

Melalui peperangan hebat, Wisanggeni mengalahkan Deswarani dengan dibantu Semar yang melambangkan kekuatan rakyat.

Esha, koordinator pementasan wayang orang mengatakan, Wisanggeni adalah sosok ksatria pemberani, tegas, dan suka menolong kesulitan rakyat; yang mencerminkan sosok Ganjar Pranowo. Dan tokoh sakti mandraguna yang mewakili sosok rakyat, penasihat ksatria yang sederhana, jujur, dan bijaksana, yang mencerminkan sosok Prof. Mahfud MD.”

Sepanjang jalan, nampak rakyat memberikan hantaran kepada Ganjar dan Mahfud.

Di depan Kantor Pos Indonesia, misalnya, rakyat memberikan Ganjar Pranowo toga yang melambangkan harapan rakyat akan pendidikan yang berkualitas bagi semua melalui program Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana.

Sementara itu, di depan lembaga pemasyarakatan (rumah tahanan) Mahfud MD diberikan perangkap tikus  yang melambangkan harapan rakyat akan pemerintahan yang  bersih melalui program Sikat KKN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

waskita karya

Semester I -2019, Waskita Menerima Arus Kas Masuk Sebesar Rp 7,49 Triliun

JAKARTA-PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada Semester I tahun 2019,

Ekuitas: Memeringkat Ulang IHSG Pasca-Pemilu

Oleh: Joanne Goh Hasil awal menunjukkan bahwa petahana, Presiden Joko