Harga Bawang Merah Mulai Turun

Monday 2 Sep 2013, 7 : 55 pm
by

JAKARTA-Harga bawang merah lokal mulai menunjukkan penurunan.  Harga bawang merah lokal di Pasar Induk KramatJati dan Pasar Induk Tanah Tinggi, Tangerang, pada 1 September 2013 masing-masing tercatat Rp. 20.000/kg dan Rp. 18.000/kg. “Harga tersebut masing-masing turun 25,93% dan 17% dibanding harga seminggu sebelumnya,”ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Srie Agustina, di Jakarta, Senin (2/8).

Selanjutnya, di beberapa pasar tradisional, harga bawang merah juga sudah mengalami penurunan dengan kisaran Rp. 30.000-Rp. 33.000/kg atau turun 4-22% dibanding minggu sebelumnya. Pemerintah berharap dengan mulai meningkatnya pasokan hasil panen, harga bawang merah akan segera kembali normal.

Dirjen PDN menjelaskan bahwa faktor penyebab turunnya harga bawang merah adalah karena beberapa sentra produksi bawang merah di Tegal, Brebes, Pekalongan dan Pemalang sudah mulai panen dan menambah pasokan bawang merah ke sentra-sentra konsumsi. “Pasokan saat ini di Pasar Induk Kramat Jati telah mencapai sekitar 90 ton per hari atau telah meningkat 100% dari minggu sebelumnya. Secara bertahap diharapkan harga akan kembali normal sampai dengan mencapai pasokan sekitar 125 ton per hari,” imbuh Srie.

Baca juga :  ITS Siapkan Sepuluh Bus untuk Mudik Bareng
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Forhati Gandeng Hipmi Bantu Kaum Dhuafa

JAKARTA-Presidium Nasional Forum Alumni HMI-Wati (FORHATI) bekerja sama dengan Lembaga

Viral Pengemudi Mobil Van Buang Sampah ke Kalimalang

BEKASI-Viral di media sosial sebuah video merekam pengendara mobil van