Harga Bawang Secara Nasional Stabil

BREBES-Kementrian Perdagangan (Kemendag) mencatat harga eceran bawang merah di pasar tradisional secara nasional relatif stabil sejak awal tahun 2014 sampai saat ini. Harga bawang merah per 13 Juni 2014 sebesar Rp 24.975/kg atau naik 1,7% dibanding harga minggu sebelumnya. Harga tersebut masih di bawah harga referensi bawang merah sebesar Rp 25.700/kg.

Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi saat menyaksikan pelaksanaan pasar lelang bawang di Pasar Klampok, Brebes, Jawa Tengah menjelaskan harga bawang merah yang saat ini relatif stabil tercermin dari andil komoditas tersebut terhadap inflasi kelompok bahan makanan. Berdasarkan data BPS, bulan Januari 2014 bawang merah memberikan andil deflasi 0,06% dan pada bulan Mei memberikan andil inflasi 0,01%.

Pasokan bawang merah lokal untuk konsumsi sampai dengan puasa dan lebaran cukup dan aman, karena dua bulan ke depan sampai Agustus 2014 masih akan terjadi panen di sebagian besar daerah sentra produksi, antara lain Cirebon, Brebes, Tegal, Kendal, Bojonegoro, Nganjuk, Ponorogo, Jombang, Kediri, Banyuwangi, Probolinggo, Bima, Enrekang, dan Alahan Panjang.