Hargai Kerja Petani, Parta Borong Tiga Ton Ketela

Friday 22 May 2020, 2 : 50 pm
by
Anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa Nilai Tukar Petani (NTP) Maret 2020 sebesar 102,09 atau turun 1,22 persen. Padahal dalam situasi pandemi Covid-19, petani terus bekerja memproduksi berbagai komoditas pangan, termasuk Ketela. Karena itu petani yang memiliki jasa besar ini perlu mendapat penghormatan tinggi.

“Saya membeli Ketela dari petani sebanyak 3 ton dari Wilayah Rendang dan Selat Karangasem. Langkah ini sebagai apresiasi saya terhadap petani,” kata anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta saat mengunjungi lokasi wilayah pertanian ketela, Jumat (22/5/2020).

Legislator asal Bali ini berharap semoga langkah ini diikuti oleh yang lainnya. Pilihan umbi-umbian khususnya Ketela, karena ingin menyejajarkan antara Ketela dengan beras.

“Kemudian mengkolaborasi beras dengan ketela terutama generasi milenial yang relatif tidak kenal ketela,” ujarnya.

Menurutnya, Ketela atau banyak orang menyebut ubi jalar merupakan salah satu pengganti karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, juga mengandung berbagai antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah kandungan gizi ubi jalar, antara lain karbohidrat dan serat sebagai energi ketela memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang baik.

Serat pada ubi jalar membantu pencernaan agar mudah mengolahnya. Hal ini menjadikan ubi jalar sumber energi yang baik untuk tubuh. Selain itu, ketela dapat dijadikan pengganti nasi.

Sehingga yang mengonsumsi dapat kenyang lebih lama. Dalam 100 gram ketela mengandung 27 gram karbohidrat.

Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik adalah satuan yang digunakan untuk menggambarkan kecepatan suatu zat makanan (terutama karbohidrat) untuk meningkatkan kadar gula darah.

Indeks Glikemik ubi jalar dibawah 55 yang sangat baik dikonsumsi terutama penderita diabetes. Memiliki berbagai macam mineral penting. Ubi ketela mengandung berbagai mineral penting tubuh seperti, kalsium, natrium, fosfor, magnesium, dan kalium. Mineral-mineral ini berperan penting bagi tubuh yaitu untuk memperlancar aliran darah ke jantung.

Mengandung vitamin A yang tinggi yang sangat baik untuk mata dan membantu pertumbuhan tubuh. Kaya akan asam amino. Asam amino dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh. Ketela pun baik untuk penderita diabetes karena dapat membentuk hormon seperti hormon insulin dan tiroid.

Jika dilihat dari kandungan gizi pada ketela, disimpulkan bahwa ubi jalar merupakan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh. Keunggulan ubi jalar dibandingkan nasi adalah kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untu pencernaan.

Selain itu, kandungan mineral dan vitamin yang tidak terdapat pada nasi sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga mengkonsumsi ketela sebagai makanan pengganti nasi atau sebagai campuran nasi adalah hal yang tepat. Jadi makan ketela bukan menjadikan kita miskin dan menderita. ***eko

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

VENTENY

Tumbuh 149%, Pendapatan VENTENY Jadi Rp 181,9 Miliar di 2023

JAKARTA – PT VENTENY Fortuna International, Tbk. (VENTENY) (IDX: VTNY),

Pemindahan Ibu Kota Negara Butuh Anggaran Rp 323-Rp 466 Triliun

JAKARTA-Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan