Tumbuh 149%, Pendapatan VENTENY Jadi Rp 181,9 Miliar di 2023

Wednesday 3 Apr 2024, 9 : 57 am
by
VENTENY
Ilustrasi

JAKARTA – PT VENTENY Fortuna International, Tbk. (VENTENY) (IDX: VTNY), menutup tahun 2023 dengan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 181,9 miliar, tumbuh sebesar 149% dibanding tahun sebelumnya yakni Rp 73,2 miliar.

Adapun VENTENY adalah perusahaan teknologi yang menyediakan kombinasi B2B Financial Services melalui growth funding bagi UMKM dan employee benefits untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan melalui VENTENY Employee Super App.

Dalam periode tersebut, perolehan kontribusi pendapatan terbesar VENTENY hingga 43% berasal dari Pendapatan B2B Financial Service senilai Rp 77,5 miliar di tahun 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp 55,8 miliar.

Hal ini seiring dengan komitmen VENTENY untuk memberikan akses pendanaan bagi UMKM yang mendapat dukungan penuh dari berbagai partner strategis, serta mendukung program inklusi keuangan dari pemerintah.

Pendapatan dari VENTENY Employee Super App turut menyumbangkan 35% dari total pendapatan, dengan jumlah Rp 64,2 miliar di tahun 2023 dan mencatatkan peningkatan sebesar 671% dari tahun sebelumnya.

Termasuk di dalamnya hasil sinergi dengan beberapa perusahaan, salah satunya dengan Koperasi Pegawai dan Pensiunan Perum BULOG melalui VENTENY Employee Super App.

Dalam kolaborasi ini, layanan Employee Super App dapat memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan sehari-hari dari seluruh karyawan dan anggota KOPEL BULOG.

Kontribusi pendapatan lainnya juga di dapat dari penjualan pengembangan produk teknologi informasi yang menyumbangkan 22% dari total pendapatan yaitu sebesar Rp 40,2 miliar di tahun 2023, naik 347% dari tahun 2022.

Pencapaian ini sejalan dengan komitmen Perseroan sebagai perusahaan teknologi yang bertujuan meningkatkan perkembangan UMKM dalam melaksanakan bisnisnya melalui inovasi teknologi.

“Keberhasilan VENTENY di tahun 2023 tidak lepas dari dukungan stakeholders dan partner yang telah menjadi mitra VENTENY dan menegaskan posisi VENTENY sebagai mitra yang terpercaya bagi pelaku bisnis dan UMKM Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pendanaan produktif serta membantu perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan karyawannya. Kami sangat bangga dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia” ungkap  Founder dan Group CEO VENTENY, Jun Waide.

Selain itu, Perseroan berhasil terus mencatatkan kinerja yang positif dengan mencatatkan laba komprehensif sebesar Rp 1,8 miliar di tahun 2023, naik 50% dari Rp 1,2 miliar di tahun 2022.

Laba bersih tahun berjalan Perseroan pun di tahun 2023 tercatat sebesar Rp 131,7 juta.

Di tahun 2023 VENTENY telah melakukan banyak investasi dan pengembangan teknologi yang disiapkan untuk mendukung bisnis Perseroan di masa depan.

Dalam hal pengembangan sektor UMKM, VENTENY di tahun lalu juga melakukan konsolidasi bisnis melalui PT Lampung Berkah Finansial Teknologi (Lahan Sikam) yang merupakan perusahaan peer-to-peer lending (P2P) pertama di luar Pulau Jawa yang kini telah memiliki jaringan luas di Sumatera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ketua Banggar DPR, Said Abdullah

Said Abdullah: RAPBN 2023 Melanjutkan Dua Isu Strategis Nasional

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah menyatakan setidaknya

Kejagung “Loyo” Ajukan PK Atas Putusan Bebas Terdakwa La Nyala Mattaliti

JAKARTA-Konsistensi Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam menuntut pertanggungjawaban pidana lewat Peninjauan