Fitch Ratings Mengafirmasi Peringkat Kredit Indonesia BBB Dengan Outlook Stabil

Tuesday 19 Mar 2024, 9 : 56 am

JAKARTA – Lembaga Pemeringkat Fitch kembali mempertahankan peringkat (rating) kredit Indonesia pada posisi BBB dengan outlook stabil.

Keputusan ini mencerminkan kesuksesan Indonesia dalam mencapai konsolidasi fiskal yang cepat, didukung oleh pertumbuhan pendapatan yang solid, kebijakan yang terkalibrasi dengan baik, serta stabilitas ekonomi dan kondisi eksternal yang stabil pasca pemulihan dari pandemi.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Infomasi Kementerian Keuangan, Deni Surjantoro, di Jakarta.

“Fitch menilai Indonesia memiliki prospek pertumbuhan yang positif dalam jangka menengah, didukung oleh stabilitas ekonomi dan rasio utang pemerintah yang relatif rendah terhadap PDB,” terang Deni.

Namun, Deni mengingatkan bahwa pendapatan negara dan indikator struktural yang masih relatif lebih rendah dibanding negara-negara peers ‘BBB’ masih menjadi tantangan bagi Indonesia.

Lebih lanjut, Deni menerangkan bahwa Fitch juga memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap solid, didorong oleh investasi domestik yang kuat dan konsumsi dalam negeri yang stabil.

Ke depannya, Fitch memperhitungkan bahwa pendapatan pemerintah berpotensi meningkat seiring waktu.

“Keputusan untuk mempertahankan outlook stabil mencerminkan keyakinan Fitch bahwa Indonesia mampu menjaga stabilitas makroekonomi dalam jangka pendek. Dengan demikian, prospek ke depan bagi Indonesia tetap stabil. Selain itu, afirmasi penilaian dari Fitch juga merupakan bukti konkret bahwa stabilitas politik dan kebijakan di Indonesia tetap terjaga dengan baik di masa pemilihan umum,” tambah Deni

Deni menegaskan bahwa pemerintah tetap waspada terhadap risiko global dan menerapkan kebijakan fiskal yang sehat dan berkelanjutan.

Pemerintah juga terus berkomitmen dalam melindungi daya beli masyarakat, mengendalikan inflasi, dan mempertahankan momentum pemulihan ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Santri Garda Terdepan Bela NKRI

JAKARTA-Kalangan santri telah membuktikan sebagai kalangan yang selalu berada di
Peningkatan ekspor diyakini dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Ribuan Petani Yogya Ekspor Salak Pondoh ke Kamboja Senilai USD 15 Ribu

YOGYAKARTA-Kegiatan ekspor makin hari terus meningkat. Buah-buahan tropis juga diminati