Kemenkeu Gandeng UGM Awasi Penggunaan Anggaran Pemda

Tuesday 23 Apr 2024, 6 : 27 pm
Sekjen Kemenkeu RI, Heru Pambudi, berkunjung ke kampus UGM diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Dr. Wening Udasmoro dan civitas akademika UGM, Senin (22/4), di ruang sidang pimpinan, Kantor Pusat UGM.

YOGYAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meminta Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta untuk melakukan riset soal tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran di lingkungan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Hal itu dilakukan supaya anggaran yang digelontorkan pemerintah betul-betul dirasakan manfaatnya tidak hanya untuk pembangunan namun meningkatkan ekonomi masyarakat bawah.

Hal itu mengemuka dalam kunjungan Sekjen Kemenkeu RI, Heru Pambudi, ke kampus UGM yang diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Dr. Wening Udasmoro, di ruang sidang pimpinan Kantor Pusat UGM, Senin (22/4/2024).

Heru Pambudi mengatakan kemenkeu berharap UGM bisa membuat model untuk mengukur kinerja anggaran yang digunakan oleh pemda,  betul-betul memberikan kontribusi bagi perekonomian masyarakat.

“Kemenkeu berkontribusi pada pembangunan daerah. Kita ingin UGM itu menjadi semacam model bagaimana pengelolaan dan penggunaan anggaran itu lebih efektif dan efisien, agar mendorong penguatan ekonomi daerah lebih cepat sehingga memberikan multiplier effect,”  katanya.

Ia mengakui jika tidak dilakukan pengawasan ketat maka tidak sedikit program pembangunan lewat alokasi belanja pemerintah yang tidak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat menengah ke bawah.

Menurutnya Transfer ke Daerah, KUR hingga insentif pajak penggunaannya harus lebih tepat sasaran.

“Bukan cuma soal uang tapi KUR sampai insentif pajak. Saya ingin kerja sama ini mendapat keluaran dari sisi outcome,” katanya.

Ekonom UGM Dr. Elan Satriawan mengatakan program belanja pemerintah di banyak sektor bertujuan untuk menekan inflasi bisa berjalan efektif sehingga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat di daerah.

Menurutnya, UGM dan Kemenkeu bekerja sama ini memastikan sejauh mana serapan anggaran di multi sektor tersebut.

“Kita akan menggunakan pendekatan secara multidisiplin dan menyediakan data secara excellent terkait hal itu sehingga bisa memberikan feedback kepada pemerintah pusat,”  katanya.

Kerjasama antara UGM dengan Kemenkeu sudah terjalin sejak lama, namun dalam kunjungan kerja kali ini dalam rangka membahas tindak lanjut nota kesepahaman bersama yang sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

“Kerja sama selama ini sudah dilakukan dalam bidang pendidikan seperti program pemberian beasiswa, kegiatan riset dalam bentuk survei kepuasan penggunaan layanan dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui program kuliah kerja nyata dan pemberdayaan UMKM,” ujar Wakil Rektor Prof. Dr. Wening Udasmoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DANA Perluas Kemitraan Untuk Penuhi Beragam Kebutuhan Masyarakat

JAKARTA-Dompet digital DANA menggandeng sejumlah mitra baru untuk terus mengembangkan

Demo Bikin Dana Asing Hengkang Rp 900 Miliar

JAKARTA-Aksin unjuk rasa yang berlangsung di Jakarta justru membuat pasar