Hero Supermarket Jual Segmen Makanan Rp 183 Miliar

Jumat 26 Apr 2024, 6 : 46 pm
Hero

JAKARTA – Manajemen PT Hero Supermarket Tbk (HERO) dan PT Hero Retail Nusantara (HRN) telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat atau CSPA (Conditional Sale and Purchase Agreement) dengan perusahaan terafilasinya yakni PT Hero Retail Nusantara (HRN) untuk menjual segmen ritel makanan Perseroan kepada (HRN) pada 19 April 1014.

Berdasarkan perjanjian tersebut, dikutip Jumat (26/4/2024), HERO sepakat untuk mengalihkan segmen bisnis makanan Perseroan kepada Hero Retail Nusantara (HRN) senilai Rp183 miliar.

HERO juga setuju untuk menyewakan beberapa toko, pusat distribusi, dan ruang kantor yang dimilikinya kepada HRN serta menyediakan beberapa layanan transisi terkait akuntansi dan keuangan, procurement, layanan people and culture, serta layanan teknologi informasi dari Perseroan kepada HRN.

Di sisi lain, HRN setuju untuk membeli dan mengakuisisi Segmen Bisnis ritel Hero Supermarket dari Perseroan yang mencakup, antara lain, semua kontrak yang dibuat antara Perseroan dan pemilik tanah terkait dalam hubungan dengan toko-toko yang disewa; peralatan dan perlengkapan di toko-toko yang relevan dengan Segmen Bisnis; inventaris yang relevan; merek dagang Hero dan hak kekayaan intelektual yang relevan; kontrak non-perdagangan; dan kontrak perdagangan.

Selain itu, HRN juga setuju bahwa selama periode 3 tahun setelah penyelesaian transaksi, akan berbagi keuntungan tertentu (earn out) dari Segmen Bisnis HS jika Segmen Bisnis HS telah mencatatkan laba bersih positif.

“Penyelesaian transaksi ditargetkan pada 28 Juni 2024 atau tanggal lain yang mungkin disepakati oleh para pihak,” tulis Direksi HERO dalam laporan keterbukaan informasinya.

Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi namun bukanlah transaksi material.

Menurut Direksi HERO, pihaknya ingin memfokuskan kembali bisnisnya secara eksklusif pada optimalisasi dan pertumbuhan segmen bisnis Guardian dan IKEA serta menyelesaikan peralihan dari ritel makanan.

Sementara dana hasil penjualan segmen ritel makanan akan digunakan HERO untuk melunasi pinjaman bank dan mendukung kebutuhan modal kerja dan kas operasional Perseroan untuk pertumbuhan di segmen bisnis Guardian dan IKEA.

“Transaksi ini diharapkan dapat meningkatkan posisi keuangan Perseroan untuk mendukung pertumbuhan di masa depan,” tulis Direksi dalam laporannya.

Seperti dketahui, HERO Group berkomitmen terhadap pengembangan bisnis ritel di Indonesia, mempertajam fokus strategis pada bisnis kesehatan dan kecantikan yang berkembang pesat, dan akan terus memiliki dan mengoperasikan toko Guardian Health and Beauty secara penuh.

Selain itu, Manajemen HERO juga berencana  untuk menyegarkan format toko Guardian dan secara signifikan memperluas jaringan toko dalam beberapa tahun mendatang.

 

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bikin Gaduh, Pemerintah Didesak Bekukan KNPI

JAKARTA-Konflik berkepanjangan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dalam beberapa waktu

Ripplewood About to Invest 1 bn in AI

GERMANY-One of the largest fintech investors in the industry finally