Hilirisasi Rumput Laut, Asia Sejahtera Mina Dukung Program Pemerintah

Friday 8 Mar 2024, 4 : 12 pm
HILIRISASI
ILUSTRASI

JAKARTA –  PT Asia Sejahtera Mina Tbk (AGAR) siap mengekspor Semi Refine Carragenan (SRC)  sebagai upaya mendukung program hilirisasi  rumput laut target pemerintah.

Hal itu dikemukakan  Direktur Utama AGAR, Indra Widyadharma dalam keterangan resmi,  dikutip Jumat  (8/3/2024).

Menurut Indra,  SRC merupakan produk olahan/ekstrasi rumput laut yang berbentuk tepung dimana sangat berguna pada industri pangan antara lain sebagai pengental, pembentuk gel hingga sebagai stabilisator makanan dan minuman.

“SRC juga sangat bermanfaat dalam bidang farmasi yaitu sebagai bahan pembungkus pil/tablet dan bahan kosmetik. Juga dapat dimanfaatkan pada industri tekstil maupun percetakan,” ungkap Indra Widyadharma.

Dalam mendukung program hilirisasi pemerintah, perseroan berhasil mengakuisisi PT Giwang Citra Laut (GCL) yang berada di Takalar, Sulawesi Selatan. Nantinya  perusahaan tersebut yang  akan mengolah dan memproduksi SRC.

“Akuisisi GCL yang berlokasi di Kabupaten Takalar sangat menguntungkan bagi kami. Karena Kabupaten Takalar merupakan salah satu sentra budidaya rumput laut di Sulawesi Selatan. Sehingga GCL dapat menyerap langsung produksi petani rumput laut di Takalar dan sekitarnya,” ujarnya.

Saat ini, Perseroan tengah melakukan pendalaman dan perencanaan lebih lanjut dalam rangka memproduksi produk tersebut.

“Kami harap produk SRC dapat dipasarkan ke negara-negara tujuan ekspor paling cepat pada triwulan II 2024. Tentunya kami perlu memastikan agar SRC yang kami produksi memiliki standar kualitas yang tinggi,” ucapnya.

Diharapkan dengan adanya produksi SRC tersebut dapat menjadikan nilai tambah untuk Perseroan.

“Selain itu, produksi SRC juga menjadi bentuk nyata dukungan Perseroan kepada program hilirisasi yang tengah dijalankan Pemerintah” tutupnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Trans BSD Incar Tol Serpong-Balaraja

JAKARTA-PT Trans BSD Balaraja mengincar proyek jalan tol Serpon-Balaraja. Bisnis

Capres KIB Bakal Ditentukan Lewat Musyawarah Dengan Kesetaraan

JAKARTA-Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai KIB