Himbara Desak Konsolidasi Bank-Bank Kecil

Thursday 7 Aug 2014, 1 : 11 pm

JAKARTA-Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mendesak pemerintah agar lebih mendorong  melakukan konsolidasi terhadap bank-bank kecil di Indonesia. “Mengapa konsoliasi harus dimulai dari bank-bank BUMN yang sudah besar dan lebih siap menghadapi persaingan bebas,” kata  Ketua Umum Himbara Gatot Murdiantoro Suwondo, Kamis, (07/08/2014).

Gatot agak keberatan dengan rencana konsolidasi perbankan milik negara. Karena itulah, pihaknya  mempertanyakan rencana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang hendak melakukan konsolidasi empat bank BUMN saat ini. “Di Indonesia ada 119 bank umum, apakah konsolidasi itu untuk memperkecil jumlah bank atau apa?”,” ungkapnya.

Lebih jauh Gatot meminta penjelasan pengertian dan tujuan dari upaya konsolidasi perbankan yang hendak dilakukan pemerintah dan regulator.  Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad mengungkapkan rencana konsolidasi ini sebagai  upaya memperkuat daya saing dalam menghadapi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sektor perbankan yang akan berlaku mulai tahun 2020. (ek)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Untuk target pencatatan Efek baru di 2022 adalah sebanyak 68 Efek, yang terdiri dari pencatatan saham, obligasi baru dan pencatatan efek lainnya yang meliputi ETF

Saham PANI Kena Sanksi Suspensi, BHAT Masuk Daftar UMA

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk memberikan sanksi penghentian

Usung Capres Kedepankan Penilaian Obyektif

JAKARTA-Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan Lukman Hakim Saifuddin