ICBP Umumkan Penerbitan Global Bond Sebesar USD1,75 Miliar

Thursday 10 Jun 2021, 4 : 22 pm
by
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

JAKARTA- PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) melaporkan perseroan telah menerbitkan obligasi global (global bond) sebesar USD1,75 miliar yang perolehan dananya akan dimanfaatkan untuk membayar pinjaman perbankan terkait proses akuisisi Pinehill Company Limited.

Berdasarkan keterbukaan informasi ICBP yang dipublikasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (10/6), penerbitan global bond ICBP yang setara dengan Rp24,68 triliun (Kurs Rp14.105/USD) tersebut sudah dilakukan pada Rabu, 9 Juni 2021 di Singapore Exchange Securities Trading Limited (SGX-ST).

Obligasi global ICBP ditawarkan oleh para fund manager kepada investor di luar Indonesia dan di luar AS.

Obligasi in dibeli oleh pemegang global bond yang tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan perseroan, sehingga tansaksi ini bukan merupakan transaksi afiliasi dan bukan transaksi benturan kepentingan.

Nilai penerbitan global bond ICBP sebesar Rp25,68 triliun setara dengan 49,1 persen dari total ekuitas perseroan per 31 Desember 2020.

Sehingga, penerbitan obligasi global ini termasuk ke dalam transaksi material dan ICBP tidak memerlukan persetujuan terlebih dahulu melalui RUPS.

Global bond berdenominasi dolar AS yang mencapai USD1,75 miliar itu terbagi menjadi dua seri, yakni Obligasi Global 2031 sebesar USD1,15 miliar bertenor sepuluh tahun, dengan tingkat suku bunga tetap sebesar 3,398 persen per tahun.

Sementara itu, Obligasi Global 2051 sebesar USD600 juta bertenor 30 tahun, dengan tingkat suku bunga tetap, yakni sebesar 4,745 persen.

Global bond ICBP ini mendapatkan peringkat Baa3 dari Moody’s Investors Service dan peringkat BBB- dari Fitch Ratings.

“Adapun dana hasil perolehan dari penerbitan Obligasi Global perseroan ini, seluruhnya akan digunakan untuk membiayai pembayaran dipercepat (prepayment) sebagian Fasilitas Pinjaman Pinehill,” demikian disebutkan manajemen ICBP dalam keterbukaan informasi perseroan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kelola Pupuk Organik, BUMDes Dataran Kempas Gandeng Swasta

JAMBI-Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial mengatakan dana desa memiliki kontribusi

Pertamina Luncurkan Bright Gas dengan Harga Promo Rp 66 ribu per Tabung

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) meluncurkan Bright Gas dalam kemasan baru berukuran