IHSG Bakal Mixed Cenderung Bearish, Buy AMMN, INKP, ADRO, PGEO, CPIN dan HRUM

Kamis 19 Okt 2023, 10 : 38 am
by
IHSG
Ilustrasi

JAKARTA-Pada perdagangan hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak variatif dalam kecenderungan melemah, setelah kemarin berakhir di teritori negatif atau menurun 0,17 persen ke posisi 6.927.

Pelemahan IHSG di perdagangan kemarin dipengaruhi oleh penurunan harga pada 321 saham, sedangkan 209 saham tercatat naik dan ada 220 saham yang tidak mengalami perubahan harga.

Nilai transaksi kemarin tercatat Rp17,83 triliun atau jauh lebih besar dibanding sehari sebelumnya Rp9,13 triliun.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Tim Riset PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, pelemahan IHSG sejalan dengan kondisi bursa Wall Street yang mengalami pelemahan, akibat kenaikan yield obligasi pemerintah AS bertenor sepuluh tahun ke level 4,9 persen atau tertinggi dalam 16 tahun terakhir.

Tim riset menilai, kenaikan imbal hasil surat utang pemerintah AS tersebut akan menjadi sentimen negatif bagi pergerakan IHSG.

Kenaikan imbal hasil obligasi itu seiring dengan solidnya data perumahan yang memicu kekhawatiran bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga tinggi untuk waktu yang lama.

Namun demikian, Tim Riset CGS-CIMB Sekuritas beranggapan bahwa IHSG akan mendapatkan sentimen positif dari kenaikan harga minyak mentah dunia, minyak sawit mentah (CPO) dan komoditas mineral logam.

“IHSG diprediksi akan bergerak variatif dalam kecenderungan melemah, dengan support di level 6.900 dan 6.870, sedangkan resistance-nya di level 6.955 dan 6.980,” tulis Tim Riset CGS-CIMB Sekuritas untuk perdagangan Kamis (19/10).

Tim riset menambahkan, key highlights yang perlu menjadi perhatian para pelaku pasar di perdagangan hari ini adalah kondisi bursa Wall Street yang terkoreksi. Kemarin (18/19), Dow Jones tercatat melemah 0,98 persen, S&P 500 melorot 1,34 persen dan Nasdaq anjlok 1,62 persen.

Untuk perdagangan saham di BEI hari ini, CGS-CIMB Sekuritas merekomendasikan kepada para pelaku pasar agar mengakumulasi pembelian pada saham AMMN, INKP, ADRO, PGEO, CPIN dan HRUM.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

HPN 2024, Puan Ajak Insan Pers Kawal dan Jaga Proses Pemilu

JAKARTA–Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak insan Pers untuk ikut

DKI Bebaskan BPHTB Nilai Tanah Dibawah Rp 2 Miliar

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendukung penuh langkah percepatan