IHSG Berpotensi Menguat di Awal Pekan, Ini Saham Pilihan Analis

Monday 13 Sep 2021, 8 : 10 am
by
IHSG, bursa saham, sekuritas
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berpeluang untuk melanjutkan proses kenaikan jangka pendek, setelah di akhir pekan lalu ditutup menguat sebesar 0,44 persen ke level 6.094.

Menurut analis PT Reliance Sekuritas Indonesia Tbk (RELI), Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah, saat ini laju IHSG telah berhasil mengonfirmasi kondisi whipsaw di level Moving Average 200 hari (MA200), sehingga ada sinyal rebound menuju resistance upper bollinger bands.

“Indikator RSI dan Stochastic tampak menjenuh yang mendekati area oversold. Indikator MACD memberikan sinyal volatilitas harga dalam pergerakan terkonsolidasi,” kata Lanjar di Jakarta, Senin (13/9).

Dia menyebutkan, pergerakan IHSG yang saat ini memiliki rentang support-resistance di level 6.059-6.150 berpotensi menguat.

Maka, Reliance Sekuritas merekomendasikan agar para investor mengoleksi saham AGII, BBRI, BBNI, ERAA, IMAS, SMGR, TINS dan TPIA.

Sementara itu, analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya memperkirakan bahwa pergerakan IHSG pada perdagangan di awal pekan ini akan terkonsolidasi minor.

Adapun kisaran support-resistance IHSG berada di level 5.969-6.202.

“Pergerakan IHSG hingga saat ini masih terlihat betah berada dalam rentang konsolidasi wajar, dengan potensi tekanan yang masih jauh lebih besar dibandingkan dengan kemampuan untuk bergerak naik,” papar William.

Lebih lanjut dia menyatakan, potensi pelemahan IHSG dipengaruhi minimnya sentimen positif di tengah perlambatan ekonomi dan fluktuasi nilai tukar rupiah maupun harga komoditas.

“Hari ini IHSG berpotensi terkonsolidasi,” ucapnya.

Dengan demikian, jelas William, pergerakan IHSG berpotensi melemah pada perdagangan hari ini semestinya bisa dimanfaatkan oleh para investor dengan mengakumulasi pembelian saham SMGR, MYOR, BBNI, CTRA, ASRI, INDF, ASII dan WIKA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jasmerah merupakan pesan yang masih sangat relevan sampai saat ini. Karena para elit bangsa Indonesia cenderung meninggalkan sejarah. Melupakan sejarah.

Masa Depan Indonesia Semakin Suram

Oleh: Anthony Budiawan Tragedi bom atom Hirohshima dan Nagasaki mengantar

Dorong UKM Daerah, OSO Ajak Jokowi Blusukan ke Pasar Malam Kayong Utara

SUKADANA-Di luar agenda Kepresidenan, Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar